Teknisi sedang melakukan pemeliharaan salah satu infrastruktur jaringan-BTS milik XL Axiata yang berada di sekitar jalan Tol Balikpapan–Samarinda alias Tol Balsam. (Foto: XL Axiata)

XL Axiata Perkuat Jaringan di Calon Ibukota Baru

Teknologi dan Inovasi 04 July 2020 16:02 WIB

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) tak mengendurkan upaya fiberisasi di beberapa daerah meski di tengah pandemi corona virus disease atau Covid-19, termasuk di wilayah Kalimantan Timur yang direncanakan sebagai ibu kota baru Republik Indonesia. Lebih dari 190 BTS XL Axiata telah beroperasi di jalan yang memiliki panjang sejauh 99,35 KM tersebut.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, saat ini jaringan data XL Axiata telah tersedia di sembilan kota/kabupaten di Kalimantan Timur, dengan dukungan total lebih dari 2.200 BTS, termasuk lebih dari 890 BTS merupakan BTS 4G LTE.

Penguatan jaringan di Kalimantan Timur, kata dia, menjadi sangat penting untuk mobilitas masyarakat, apalagi akan menjadi pusat pemerintahan.

“Sejak pemerintah RI resmi menetapkan calon ibukota negara yang baru akan berada di Kalimantan Timur, kami fokus mempersiapkan infrastruktur dan ekosistem jaringan telekomunikasi di wilayah Kalimantan Timur. Keberadaan Tol Balsam ini tentunya akan sangat vital bagi mobilitas masyarakat Kalimantan Timur saat ini dan ke depan, apalagi saat nanti pembangunan ibukota negara yang baru di wilayah Penajam Paser Utara sudah mulai dikerjakan,” kata Gede.

Ia menyampaikan, saat ini pengguna jalan Tol Balsam sudah bisa menikmati layanan XL Axiata yang didukung lebih dari 190 BTS, termasuk lebih dari 80 BTS adalah BTS 4G LTE.

Menurut  Gede, pembangunan jaringan masih akan terus dilakukan seiring dengan kebutuhan pelanggan yang menggunakan jalan bebas hambatan tersebut, serta masyarakat yang bermukim di sekitarnya.

Selain itu, XL Axiata juga tengah gencar melaksanakan proyek fiberisasi di seluruh Kalimantan. Hingga saat ini jaringan fiber optik sudah mencapai lebih dari 5.000 km dan mencakup 212 BTS.

Sementara itu, hingga akhir tahun 2020 XL Axiata menargetkan penambahan jaringan fiber optik sepanjang sekitar 4.500 km yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. 

Program fiberisasi jaringan juga merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G XL Axiata di masa mendatang. Sebagai teknologi jaringan tercanggih di masa ini, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Sep 2020 01:00 WIB

Sejarah Baru, Pilwalkot Semarang Diikuti Calon Tunggal

Pilkada

Pilwalkot Semarang akan diikuti calon tunggal untuk pertama kalinya.

24 Sep 2020 00:43 WIB

Penangguhan Penahanan, Vicky Prasetyo Bayar Jaminan Rp200 Juta

Gosip Artis

Kebebasan Vicky Prasetyo tidak gratis. Dia bayar uang jaminan Rp200 juta.

24 Sep 2020 00:14 WIB

Masker Kain Standar SNI untuk Lawan Covid-19

Nasional

Masker kain untuk lawan Covid-19 harus berstandar SNI.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...