Sejumlah aparat kepolisian membagi bantuan kepada masyarakat di GOR Wijaya Kusuma, Sampang, Jumat 13 Desember 2019. (Foto: Istimewa)

Baharkam Polri Gelar Baksos di Sampang

Jawa Timur 13 December 2019 13:57 WIB

Polri menggelar bakti sosial di GOR Indoor Wijaya Kusuma, Sampang, Jumat 13 Desember 2019. Pelaksanaan dipimpin langsung oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Firli Bahuri.

Dalam kegiatan tersebut, Komjen Firli Bahuri didampingi oleh Kakorbinmas Polri Irjen Pol Herry Wibowo, Kakorpolair Polri, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs. Djamalludin, dan para Pejabat Utama Polda Jatim.

Pada baksos itu, digelar kegiatan berupa pengobatan umum, pengobatan spesialis jantung, penyakit dalam dan anak, pengobatan gigi, usaha kesehatan gigi sekolah, khitanan massal, dan pemberian bantuan sosial.

Firli yang juga Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu mengatakan, jika kegiatan ini merupakan salah satu langkah Polri dalam mewujudkan misi bersama yakni Indonesia Maju.

Untuk menggapai mimpi itu, Firli mengatakan, perbaikan kualitas sumber daya manusia menjadi sangat penting dilakukan. Apalagi, kondisi ekonomi yang memperihatinkan di Madura membuat kualitas SDM di sana masih cukup tertinggal.

"Kami hadir karena rasa kecintaan dan kepedulian kepada warga dan tentu hari ini kita menganut tema merajut kebhinekaan membangun kebersamaan guna mewujudkan Indonesia sehat," ujar Firli.

Berdasarkan data, angka kemiskinan di Sampang masih cukup tinggi. Padahal, jika dilihat dari data lain menunjukkan bawah angka pengangguran rendah hanya 2,42 persen, kemudian angka pembangunan manusia 6,1 persen, dan angka rasio gini 0,242.

"Artinya Sampang itu bagus, tetapi kita ada masalah kenapa masih banyak yang kurang beruntung? Tak lain ditunjukkan dari angka kemiskinan. Tadi saya sudah bicara dengan Pak Bupati, bagaimana membuat program dibenahi ulang APBD-nya untuk menyasar kepada upaya-upaya penurunan kemiskinan," katanya.

Program ini sendiri tak akan berhenti di Sampang saja, nantinya akan berlanjut ke daerah pelosok bahkan perbatasan. Setelah ini, kegiatan akan kembali digelar di Nusa Tenggara Timur.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 22:45 WIB

Surabaya Zona Merah, Persebaya Tunda Latihan di Lapangan

Liga Indonesia

Persebaya belum kumpulkan pemain dan pelatih.

08 Aug 2020 22:45 WIB

Rekom PDIP ‘Final’, Whisnu-Eri Maju di Pilwali

Pilkada

Rekom ini disebut-sebut atas perintah Jokowi.

08 Aug 2020 22:15 WIB

Nyadran, SAH Nyekar ke Makam Seniman di Surabaya

Pilkada

Ia ingin warga surabaya ingat dengan kesenian di Kota Pahlawan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...