Data Eyang Kamtin yang sembuh dari Covid-19. (Foto: Tangkapan Layar)

Nenek Usia100 Tahun Sembuh dari Covid Bikin Khofifah Kaget

Kesehatan 29 May 2020 22:10 WIB

Seorang nenek berusia 100 tahun membuat takjub Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Ia adalah Kamtin warga Dusun Gendong yang terletak di perbatasan Surabaya-Gresik, yang berhasil sembuh dari virus corona atau covid-19.

“Beliau berumur 100 tahun?,” tanya Khofifah yang kemudian dibenarkan Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, dokter Joni Wahyuhadi di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat 29 Mei 2020.

“Masyaallah. Jadi, Eyang Kamtin ini berumur 100 tahun dan sembuh dari covid-19,” ungkap Khofifah disambut tepuk tangan yang berada di ruang yang sama ketika konferensi pers.

Khofifah menyampaikan pesan, pelajaran dari Eyang Kamtin sangat penting untuk ditiru oleh masyarakat yang lain. “Jadi kuncinya pertama disiplin, kemudian hidup bersih dan sehat,” ungkap Khofifah.

Ia mengatakan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan menjadi penting karena sampai saat ini belum ada vaksin yang dapat digunakan untuk mengobati pasien covid-19. Sementara, ancaman covid terus mengancam nyawa manusia.

Sementara, dalam sesi video conference, Siti Aminah yang merupakan menantu Kamtin mengatakan, keberhasilan sembuh dari covid-19 tak lain karena ibundanya memiliki sifat yang disiplin.

“Setelah sembuh Alhamdulillah keadaan sehat. Setiap hari kami memberi vitamin dan makanan yang selalu kami jaga. Kebetulan Ibu Kamtin orangnya disiplin,” kata Siti Aminah sambil menambahkan jika ibunya selalu minta mandi setiap pagi dan sore hari.

Siti Aminah berharap, keberhasilan ibunya sembuh dari covid-19, bisa membuat masyarakat lainnya semangat untuk menjaga orang tua mereka, agar tidak terpapar virus. Sebab para lansia menjadi kelompok yang rentang menjadi korban keganasan virus corona jenis baru ini. Maka, disiplin menggunakan masker, menjaga pola hidup bersih dan sehat, menjadi penting.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Aug 2020 20:10 WIB

Polresta Malang Fokus Pendisiplinan Masker Selama 2 Minggu

Jawa Timur

Disiplin masker untuk cegah penularan Covid-19.

06 Aug 2020 19:58 WIB

Ketika Ganjar Datangi Undangan dari Anak SD

Nusantara

Ganjar kunjungi bocah SD Salatiga.

06 Aug 2020 19:53 WIB

Viral, Pengantin Wanita Peluk Mantan dan Menangis Histeris

Human Interest

Warganet menduga pria yang dipeluk adalah mantan?

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...