Wow, di Hari Valentine, Dua Planet Ini Akan Tampak Berpasangan

11 Feb 2019 14:13 Warta Bumi

Para pegiat astronomi mengungkapkan momentum hari kasih sayang atau valentine pada 14 Februari 2019 akan terasa istimewa karena ada fenomena alam yang juga menunjukkan hadirnya kasih sayang dari sang pencipta.

Fenomena itu berupa hadirnya Planet Mars yang akan tampak bersanding dengan pasangannya, yakni Uranus.

Saat 14 Februari 2019 nanti, dua planet ini seakan berpasangan dan bergandengan. "Posisi dua planet ini akan tampak agak ke barat sesaat setelah matahari terbenam," kata Avivah Yamani, pegiat astronomi dari komunitas Langit Selatan Bandung, Senin, 11 Februari 2019.

Menurut Avivah, kedua planet yang tampak berpasangan ini akan bisa diamati hingga pukul 22.00 WIB di langit dengan jarak 1,2 derajat di resi Aries.

Meski begitu, tidak gampang untuk melihat kedua planet ini. Uranus agak redup karena tingkat kejelasannya 5,8 magnitudo sehingga memerlukan teleskop untuk melihatnya.

Berbeda dengan Mars dengan kejelasan mencapai 1 magnitudo sehingga bisa dilihat langsung dengan mata telanjang.

Sementara itu, selain pasangan Mars dan Uranus, pada bulan Februari ini ternyata trio Venus, Jupiter dan Saturnus juga bisa diamati berada di langitan.

Selain itu pada bulan Februari ini tepatnya di 25 Februari 2019 juga akan terjadi fenomena dimana Merkurius yang bergerak mengelilingi matahari akan berada di jarak terdekatnya dengan matahari.

Bulan Februari juga akan menjadi waktu terbaik untuk menikmati keindahan langit. Galaksi Bimasakti juga dapat teramati dari bumi.

Di Bulan Februari pula yakni pada 26-28 Februari 2019 akan digelar kampanye langit gelap, yakni sebuah kampanye untuk menyadarkan masyarakat pentingnya mengurangi polusi agar keindahan alam di malam hari tidak terhalang polusi. (man)

Reporter/Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini