Wisata Halal Indonesia Ungguli 130 Destinasi Halal Dunia

16 Apr 2019 12:45 Gerak Wisata

Ajang Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019 menjadi milik Indonesia. Sepuluh destinasi wisata halal yang sudah ditetapkan pemerintah ternyata secara mulus mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia. 

Lima tahun terakhir, 10 destinasi wisata halal Indonesia memang menunjukkan daya saing yang makin menunjukkan pergerakan positif. Apalagi kondisi ini juga diperkuat dengan terpilihnya Bali sebagai Favourite Adventure Destination buat wisatawan asal Timur Tengah.

“Indonesia adalah destinasi wisata halal yang luar biasa. Atraksi yang ditawarkan sangat lengkap dan menginspirasi. Fasilitas pendukungnya juga optimal. Semua ramah dengan muslim traveler. Ini merupakan kerja keras selama 5 tahun membangun pariwisata halal di Indonesia," kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata.

Lombok misalnya, daerah ini menyabet 2 penghargaan World Halal Travel Awards (WHTA) 2015 dalam kategori World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination.

Fsilitas yang dimiliki Lombok terbilang lengkap. Lombok didukung oleh 60 restoran halal bersertifkat dan 1.076 self claimed. Masjidnya berjumlah 8.456 bangunan dan ada 60 hotel dengan sertifikat halal. Wilayah ini juga ditopang oleh 25 situs heritage Islam, 98 moslem friendly attraction dari 161 atraksi, 7 islamic event, dan 11 paket tur halal.

Untuk aksesibilitas, Lombok ditopang bandara dengan kapasitas besar dan ditambah dua pelabuhan. Jalan raya mengalami perkembangan 9.566,42 kilometer area jalan.

Selain Lombok ada Kepulauan Riau, Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur (Malang Raya), serta Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya).

Jakarta misalnya. Wilayah ini memiliki 510 hotel dengan sertifikat halal, lalu 3.683 self claimed. Jumlah masjidnya 7.795 bangunan. Hotelnya masing-masing memiliki 5 tipe syariah, sertifikat dapur halal, dan no pork. Jakarta memiliki atraksi berupa 20 situs heritage Islam, 19 muslim friendly attraction, dan 11 islamic event.

Menurut Menpar, Indonesia telah menumbuhkan empat aspek dari GMTI. Melampaui semua negara. IMTI menghadapkan masing masing daerah untuk menumbuhkan wisata halal di setiap destinasi. Ada komitmen yang kuat dari setiap elemen pemerintah dan pertumbuhan yang signifikan dari pemain industri pariwisata halal. (idi)

Reporter/Penulis : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini