Menikmati Kesegaran Alam di Wisata Bakti Alam Pasuruan

26 Dec 2018 20:25 Jalan-Jalan Yuk

Butuh suasana alam segar dan asri untuk merefresh pikiran yang penat karena aktivitas kerja? Wisata Bakti Alam menjadi destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi.

Berada di dataran tinggi, Wisata Bakti Alam tidak hanya menawarkan kesejukan alam pegunungan. Di tempat ini wisatawan juga benar-benar diservis bisa kembali segar dengan keanekaragaman buah tropis dan sayuran hidroponik. Ada juga berbagai wahana yang membuat wisatawan dijamin akan betah berlama-lama menikmatinya.

Berlokasi di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur Nongko Jajar, Kabupaten Pasuruan Wisata Bakti Alam memiliki luas sekitar 60 hektar. Pada hari-hari biasa tiket masuk wisata Rp25 ribu namun pada hari liburan Rp45 ribu perorang.

Saat memasuki wisata ini pengunjung akan menikmati berbagai jenis tanaman tropis yang sedang musim buah. Seperti pohon jambu, blimbing, buah naga dan lainnya. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana seperti kolam renang anak, out Bond dan fun games dan wahana trik art 3D. Semua wahana bisa dinikmati sepuasnya.

Berbagai obyek swafoto yang dikonsep cukup menarik juga banyak dibangun di obyek wisata ini untuk memuaskan yang punya hobi berselfie ria.

Kolam renang anak salah satu wahana favorit pengunjung  Wisata Bakti Alam Foto Totokngopibarengid
Kolam renang anak salah satu wahana favorit pengunjung Wisata Bakti Alam. (Foto: Totok/ngopibareng.id)

Imam Bashori pengunjung asal Kecamatan Jenu Tuban mengaku sudah dua kali datang ke Wisata Bakti Alam bersama keluarga.

"Tempatnya memang sangat ideal untuk berwisata keluarga. Selain kaya tanaman pohon buah juga banyak wahana untuk keluarga,"ungkapnya.

Beberapa tempat yang menjadi favorit pengusaha travel ini yaitu kolam renang anak. Selain airnya bersih dan segar kolam renang juga didesain unik dan menarik. "Selain berenang juga bisa menikmati ornamen yang ada disekitar kolam renang," ucap Imam yang berkunjung bersama istri dan dua anaknya.

Untuk menikmati lokasi wisata yang cukup luas, pengelola wisata telah menyediakan transportasi khusus yang akan membawa berkeliling wisatawan. Ada sekira lima transportasi berbentuk bus yang didesain khusus. Selama berkeliling dengan naik bus tersebut ada guide wisata yang akan menjelaskan tentang obyek-obyek yang sedang dikunjungi.

"Bus wisata disediakan pengelola wisata Bakti Alam agar pengunjung bisa puas menikmati semua wahana yang ada karena wisata ini luasnya sekira 60 hektar," kata pemandu wisata Prasetyo Edi.

Menurutnya di Wisata Bakti Alam terdapat sekira 30 jenis tanaman pohon tropis. Selain itu juga terdapat kebun sayuran hidroponik, peternakan sapi, kambing etawa, dan kandang kuda.

"Pemeliharaan tanaman buah dan sayuran hidroponik dilakukan secara alami. Dari kotoran sapi, kambing maupun kuda dimanfaatkan untuk pupuk tanaman. Konsepnya benar-benar alami, " urainya lagi.

Selama berkeliling naik bus wisata pengunjung akan melintasi berbagai area perkebunan tanaman saat sedang musim berbuah. Dibeberapa tempat yang di jadikan 'stasiun' bus akan berhenti.

Stasiun pertama yaitu area perkebunan sayuran hidroponik. Disini pengunjung bisa mencicipi kupasan buah naga yang disediakan. Pengunjung bisa melihat berbagai jenis tanaman sayur hidroponik yang di budidayakan dengan cara khusus. Selain itu juga bisa membeli bibit sayuran dan sayuran segar ditempat.

Perjalanan berikutnya pengunjung akan diajak ke tempat pengolahan berbagai buah menjadi kripik. Sama seperti ditempat sebelumnya di saung yang cukup luas ini pengunjung juga bisa menikmati hidangan berbagai kripik buah yang disajikan gratis.

Ditempat ini pengunjung bisa membeli beraneka jenis kripik buah dan minuman segar yang diproduksi langsung di tempat dengan harga ramah di kantong.

Tempat terakhir yang dituju adalah tempat berbelanja buah. Beraneka buah segar yang langsung dipetik dipohon dijual disini seperti buah naga, belimbing, kelengkeng, durian dan beraneka jenis buah tropis lainnya.

Puas berkeliling dan berbelanja dengan bus wisata pengunjung bisa menikmati segelas jus buah segar yang disediakan gratis. Jika ada waktu pengunjung masih bisa menikmati berbagai wahana unik yang disediakan.

 

Masih belum puas dan ingin bermalam? Di dalam lokasi Wisata Bakti Alam juga menyediakan tempat penginapan baik untuk keluarga maupun rombongan. Untuk kelas kamarnya ada beberapa pilihan tinggal tergantung anggaran kita.(tok)

Penulis : Totok Martono
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini