Wiranto: Negara tak akan Diskusi dengan KKB Papua

11 Dec 2018 12:40 Nasional

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto memastikan saat ini tim gabungan TNI/Polri masih terus melakukan pengejaran kelompok sparatis kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

Wiranto mengatakan, fokus utama operasi kali ini sebenarnya untuk penyelamatan korban sehingga Wiranto membantah jika dalam operasi personel menggunakan serangan bom.

"Tidak ada bom, kalau granat iya. Saya sampaikan operasi di Papua saat ini masih melakukan pengejaran," ujarnya usai memimpin rapat terbatas di kantornya, Selasa 11 Desember 2018.

Menurut Wiranto, apapun yang ditawarkan OPM, pemerintah dalam hal ini akan fokus untuk melakukan penangkapan dan tidak ada diskusi maupun tawar menawar dengan kelompok kriminal ini.

"Kami tidak akan berdiskusi dengan kelompok kriminal. Mereka terus melakukan propaganda. Negara wajib melindungi masyarakatnya, klaim mereka biarkan saja," ujarnya.

Untuk melakukan operasi, personel gabungan juga diterjunkan dari non organik seperti Brimob maupun Kopassus. Mereka diterjunkan karena medan yang dihadapi tidaklah mudah karena harus membelah belantara hutan dan naik turun gunung. (man)

Grafis Vidhingopibareng
Grafis: Vidhi/ngopibareng
Reporter/Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini