Waspada! Sebelum Habis Masa, Gunakan Usia Sebaik-baiknya

Islam Sehari-hari 11 October 2018 04:12 WIB

Sebagai makhluk, tentunya kita sadar bahwa keberadaan kita dibumi ini sebatas waktu yang sudah ditentukan oleh Allah Sang maha Pencipta.

Ustadz Ilham Zubair Nawawie, mengawali pesan-pesan keislamannya, demikian.  Untuk ngopibareng.id, berikut tausiyah juru dakwah asal Wiyung Surabaya ini:

Entah kapan waktunya, yang jelas pada akhirnya kita akan menjumpai kematian dipenghujung kehidupan kita, sebagaimana yang sudah menjadi keputusan Allah swt:

      كل نفس ذائقةالموت

"Setiap yang bernafas akan merasakan kematian".

"Tapi anehnya hal tersebut tidak kita indahkan, malah kita sering membuang-buang umur kita utk hal yang sia-sia, terkadang juga sampai menimbulkan dosa."

Terkadang kita sadar bahwa keberadaan kita di muka bumi ini hanya sebatas "Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Roji'un". Tapi anehnya hal tersebut tidak kita indahkan, malah kita sering membuang-buang umur kita utk hal yang sia-sia, terkadang juga sampai menimbulkan dosa.

Padahal disisi lain kita juga sadar, jangankan sampai melakukan perbuatan yang dilarang oleh agama, sekedar melakukan hal yg tdk berguna sekalipun, meskipun tdk sampai pd batas dosa, itu Allah sdh tdk sudi kepada kita. Sebagaimana dawuh Kanjeng Rasul:

علامة اعراض الله تعالى عن العبد اشتغاله بمالايعنيه

"Tanda-tanda Allah berpaling dr sesorang hamba, jika hamba tsb sibuk melakukan hal yang tidak berguna".

Terkadang kita juga sadar bahwa setiap tindakan yang kita perbuat, kelak akan dihisab oleh Allah swt, bahkan tak satu ucapan pun yang keluar dr lisan kita melainkan akan diabadikan oleh Malaikat Raqib dan Atid, dan semuanya akan dipertanggung jawabkan.

Tapi hal tersebut tidak lantas membuat kita berhati-hati dalam bersikap dan berucap, tapi justru malah kita sering melakukan tindakan sesuai dengan keinginan tanpa adanya pertimbangan.

Hal tersebut kita lakukan, entah karena sedikit pun tidak terbesit dalam benak kita rasa takut akan siksa yang dijanjikan oleh Allah, atau mungkin kita sengaja menentang dan menantang Allah swt. Na'udzu billahi min dzalik!

Wallahu a'lam bisshawab

 

   اللهم اعناعلى ذكرك وشكرك وحسن عبادتك

 

              اللهم صل على سيدنامحمد

 

Demikian wallahu a’lam.

 

              الفقيرمحمدالهام زبيرنووي

 

(adi)

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Apr 2020 01:25 WIB

Geger Corona, Angka Kecelakaan di Jatim Turun 5.000 Kasus

Jawa Timur

Angka kecelakaan turun 71 persen.

02 Apr 2020 22:07 WIB

Pastikan Kondisi WNI, Pemkot Surabaya Surati Semua Kedubes RI

Surabaya

Untuk minta data warga Surabaya yang berada di luar negeri.

02 Apr 2020 21:05 WIB

Rakor Covid-19, DPRD Kantongi Catatan Performa Pemkot Surabaya

Pemerintahan

Dewan siapkan catatan rapat bareng Pemkot terkait penanganan Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.