Waspada! Badai Matahari Terjang Bumi pada Jumat Besok

14 Mar 2019 14:08 Teknologi dan Inovasi

Met Office, sebuah layanan cuaca yang berbasis di Inggris memperingatkan adanya ledakan besar sinar kosmik dari Matahari menuju Bumi pada Jumat, 15 Maret 2019. Badai Matahari ini, dikabarkan akan merusak dan melumpuhkan sinyal ponsel, TV digital, serta GPS.

Munculnya Badai Matahari, merupakan hasil dari terbentuknya ngarai lubang di atmosfer atas Matahari. Celah panjang dan sempit di atmosfer Matahari, yang selama ini disebut lubang koronal, melepaskan rentetan sinar kosmik.

Dilansir laman express, Rabu, 13 Maret 2019, para pakar meramalkan cuaca luar angkasa berupa badai Matahari akan mencapai Bumi.

Sementara itu, lubang berbentuk ngarai di atmosfer Matahari yang menghadap Bumi kemungkinan juga akan memuntahkan aliran angin Matahari ke Bumi.

Fenomena ini sebenarnya tidak perlu ditakutkan karena sebagian besar medan magnet Bumi akan melindungi manusia dari radiasi. Namun Badai Matahari tetap akan mampu mempengaruhi dan merusak teknologi berbasis satelit akibat angin Matahari yang membuat atmosfer luar Bumi mengembang.

Rusaknya teknologi berbasis satelit ini setidaknya bisa mempengarhui satelit pada orbitnya, serta menyebabkan kurang tepatnya navigasi GPS, sinyal ponsel dan mempengaruhi TV satelit. (ant)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini