Ilustrasi. Jalan Tol waskita karya

Waskita Toll Dapat Kucuran Fasilitas CDS dari IIF

Waskita Untuk Bangsa 23 October 2019 23:58 WIB

PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) mengucurkan fasilitas kredit cash deficiency support (CDS) kepada anak usaha PT Waskita Toll, yaitu PT Pemalang-Batang Toll Road (PBTR), senilai Rp 600 miliar. Fasilitas pinjaman ini bertujuan mendukung pemenuhan dana tunai pengeoperasian jalan tol.

Penandatanganan fasilitas pinjaman CDS tersebut dilakukan Presiden Direktur IIF Reynaldi Hermansjah dan Presiden Direktur PBTR Supriyono di Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.

Penandatanganan tersebut juga dihadiri Direktur Utama Waskita Toll Road Herwidiakto dan juga dihadiri perwakilan PT Sumber Mitra Jaya selaku pemegang saham PBTR dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sebagai Agen.

PBTR merupakan pemegang konsesi ruas tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 kilo meter yang telah beroperasi komersial sejak Desember 2018. PBTR dimiliki PT Waskita Karya Tbk (WSKT) melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road dengan kepemilikan 60 persen saham.

Presiden Direktur IIF Reynaldi Hermansjah mengatakan, pemberian fasilitas CDS ini menegaskan komitmen IIF sebagai penyedia pembiayaan infrastruktur di Indonesia.

Kesepakatan ini juga merupakan pencapaian penting bagi IIF, karena dapat memberikan solusi pembiayaan inovatif yang sulit diberikan oleh bank konvensional. Pemberian fasilitas ini, menurut dia, sejalan dengan mandat perseroan sebagai katalis pembiayaan infrastruktur di Indonesia.

"IIF sangat bangga dapat dipercaya dalam mendukung pencapaian PBTR sebagai salah satu proyek strategis nasional. Sebagai lembaga yang berkomitmen pada prinsip-prinsip Sosial dan Lingkungan (S&L), IIF mengapresiasi kerja sama dengan PBTR yang telah menunjukkan komitmen penuh dalam pemenuhan prinsip-prinsip S&L," ujarnya di Jakarta.

Dia menambahkan, IIF sebagai katalisator pembiayaan infrastruktur di Indonesia mendukung secara aktif pemerintah Indonesia dalam mendorong pembangunan infrastruktur nasional.

Di antaranya dengan penerbitan produk baru CDS, yaitu sebagai fasilitas pinjaman yang memungkinkan operator jalan tol untuk tetap memenuhi kebutuhan dana tunai bagi ruas jalan tol yang baru beroperasi.

Ruas tol Pemalang-Batang melintasi tiga kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Pemalang, Pekalongan, dan Batang serta merupakan bagian dari Jalur Trans Jawa yang menghubungkan Jalan Tol Pejagan-Pemalang dan Jalan Tol Batang-Semarang.

Pengoperasian ruas tol ini diharapkan dapat meringankan beban lalu lintas di pantai utara Jawa, mempercepat rantai pasokan logistik, dan mendukung pengembangan pariwisata Jawa Tengah.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Jul 2020 18:36 WIB

Mantan Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani Jadi Tersangka

Korupsi

KPK menetapkan jadi tersangka bersama dua mantan petinggi PT Waskita Karya.

06 Jun 2020 12:23 WIB

Jubir Presiden Fadjroel Rachman Jadi Komisaris PT Waskita Karya

Nasional

Erick Thohir rombak Jajaran komisaris dan direksi PT Waskita Karya.

31 Jan 2020 16:55 WIB

Jembatani Pendidikan dengan Industri, Waskita Gandeng PNJ

Waskita Untuk Bangsa

Kerja sama ini meliputi bidang pendidikan, riset, dan CSR

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...