Proses tes swab kepada para wartawan yang akan meliput proses vaksinasi pertama di Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis 14 Januari 2021. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)
Proses tes swab kepada para wartawan yang akan meliput proses vaksinasi pertama di Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis 14 Januari 2021. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Wartawan di Swab Sebelum Liputan Vaksinasi Covid-19 di Grahadi

Ngopibareng.id Jawa Timur 14 January 2021 09:40 WIB

Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memulai pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, hari ini, Kamis 14 Januari 2021 pagi. "Saya menyampaikan arahan Gubernur bahwa Kamis pagi untuk vaksin yang dilakukan pertama adalah dilaksanakan di Grahadi, jadi ini memang setelah beberapa hari dipertimbangkan untuk bisa memberikan informasi pada masyarakat," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono, saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi.

Direktur Umum RSUD Dr Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuadi menjelaskan, dalam proses pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19 yang pertama di Jatim, pihaknya terlebih dulu melakukan tes swab kepada para wartawan termasuk Ngopibareng.id, yang bertugas meliput proses vaksinasi perdana di Pemprov Jatim.

Selanjutnya, beberapa hal harus dilewati para peserta vaksin, mulai dari klarifikasi data umum, menjalani pengecekan tensi serta klarifikasi kondisi kesehatan, kemudian penyuntikan vaksin oleh tim medis, menerima kartu tanda suntik pertama, dan monitoring 30 menit untuk melihat kemungkinan efek samping dari vaksinasi.

Seperti diberitakan Ngopibareng.id sebelumnya, tim dari Dinas Kesehatan Jatim dan Satgas Vaksinasi Covid-19 Jatim telah melakukan persiapan. Di antaranya, telah menyiapkan empat meja dengan peralatan yang dibutuhkan, kemudian disiapkan pula mini ICU yang ditempatkan di Ruang VIP I yang dekat dengan tempat vaksinasi.

Dalam ruang mini ICU sudah disiapkan dua kasur, dilengkapi dengan alat pendeteksi detak jantung, kemudian infus, oksigen dan alat kesehatan lainnya.

Berikut 19 nama yang diusulkan sebagai tokoh yang mendapat vaksinasi Covid-19 pertama di Jatim. Di antaranya Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, Ketua Tim Penggerak PKK Jatim, Kakesdam V Brawijaya, Kabiddokkes Polda Jatim, Kepala BPOM Surabaya, Dirut RSUD Dr. Soetomo, Dirut RSAL Surabaya, Dekan FK Unair, Dekan FKM Unair, Ketua IDI Jatim, Ketua PPNI Jatim, Ketua IBI Jatim, Ketua GP Ansor Jatim, Ketua Pemuda Muhammadiyah Jatim, Ketua Pemuda Kristen Jatim, Ketua Pemuda Hindu Jatim, dan Ketua PWI Jatim.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Jan 2021 23:59 WIB

Melania Trump Tinggalkan Gedung Putih Jinjing Tas Rp 701,3 juta

Ngopitainment

Busana dan tas mewah koleksi Melania Trump.

21 Jan 2021 23:48 WIB

XL Axiata Implementasikan Zero Touch Operation

Ekonomi dan Bisnis

Upaya tunjang pelayanan prima

21 Jan 2021 23:37 WIB

Joe Biden Bersihkan Peninggalan Donald Trump di Ruang Kerja

Internasional

Ruang kerja Presiden Amerika Serikat, Kantor Oval atau Oval Office.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...