Ucapan selamat Hari Lahir Pancasila dari sejumlah netizen di Twitter. (Foto: Twitter)

Warganet Peringati Hari Lahir Pancasila di Twitter

Nasional 01 June 2020 17:15 WIB

Sejumlah peselancar dunia maya merayakan Hari Lahir Pancasila di Twitter. Hingga saat ini tercatat lebih dari 90 ribu cuitan menghiasi beranda media sosial berlogo burung terbang warna biru itu.

Menariknya, sebagian besar netizen mengunggah foto dan cuplikan video hitam putih Presiden Soekarno saat mendeklarasikan pancasila di sidang kongres Amerika Serikat. Selain itu tak sedikit yang memposting tulisan Happy Pancasila Day lengkap dengan gambar Garuda yang sudah dimodifikasi. Antara lain gambar batik berbentuk garuda hingga gambar ciri khas wilayah di Indonesia.

beberapa ciri khas atau ikon yang ditampilkan adalah Ondel-ondel khas Betawi, Candi Borobudur, Bunga Raflesia Arnoldi di Bengkulu, burung langka yang dilindungi Cendrawasih, serta Barong dari Bali.

Netizen juga menulis caption dalam unggahannya menggunakan bahasa Inggris. Salah satunya unggahan akun @greenteakisss.

Dia mengunggah lambang garuda yang terbentuk dari ikon khas Indonesia dengan menuliskan, “I’m always proud to be here, a coutry that has succeeded in giving birth to a nation with diversity that might not be found in other countries. Happy Pancasila Day #PancasilaSakti”.

“Saya selalu bangga di sini. Di negara yang telah sukses melahirkan negara dengan beragamnya perbedaan yang mungkin tidak ditemukan di beberapa negara lain. Selamat hari Pancasila, #PancasilaSakti”," demikian terjemahannya.

Terdapat pula pengguna yang mengunggah cuplikan video Bung Karno saat berpidato di Amerika Serikat. Seperti akun @bicaraboxoffice,“1. Belief in God, 2. Nationalism, 3. Humanity, 4. Democracy, dan 5. Social Justice”, cuitnya.

Terakhir, ada warganet yang menghormati Presiden pertama Republik Indonesia dengan mengunggah foto hitam putih dan menuliskan, “It’s your day bung, you created the Pancasila”.

Pancasila menjadi prinsip dasar bangsa Indonesia dan terbentuk sejak 1 Juni 1945 dalam pidato Bung Karno yang disampaikan saat sidang BPUPKI. Sedangkan, karya Sultan Hamid II dipilih sebagai lambang Pancasila. 

Penulis : M. Rizqi

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 16:10 WIB

Satu Pedagang Positif Covid-19, Pasar Pahing Kediri Ditutup

Jawa Timur

Pasar Pahing Kota Kediri ditutup tiga hari.

09 Jul 2020 15:50 WIB

Selama Pandemi, Pelayanan Pasien Kanker AHCC Tetap Berjalan

RS Adi Husada

Pelayanan Pasien Kanker AHCC, Selama Masa Pandemi Tetap Berjalan

09 Jul 2020 15:46 WIB

Kurva Covid-19 Tak Turun, Pakar: Jangan Salahkan Jatim

Jawa Timur

Angka kasus bisa dilihat 7-8 hari kemudian.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...