Momen Risma sujud di depan dokter saat audiensi di balaikota Surabaya, Senin 29 Juni 2020. Warganet menghitung berapa kali Walikota Surabaya Tri Rismaharini sujud di forum umum. (Tangkapan layar video Whatsapp)

Warganet Hitung Momen Risma Sujud di Depan Publik

Reportase 30 June 2020 09:25 WIB

Bu Risma jadi trending di Twitter pada Selasa 30 Juni 2020. Banyak warganet memberikan dukungan moral pada Tri Rismaharini, setelah sujud dan nangisnya di hadapan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya. Namun ada pula warganet yang menghitung momen Wallikota Surabaya ini sujud di forum terbuka.

Akun Twitter @Ameeranti menyebut jika "Ternyata Bu Risma sudah tiga kali bersujud di forum terbuka. Jadi kemarin yang ketiga ya all. Sekadar info saja. (Tidak usah baper)," tulis Ammeranti sambil mengunggah berita soal Risma tiga kali sujud di depan umum.

Dalam berita dari Gelora tersebut, diketahui jika sujud yang pertama terjadi di tahun 2018. Saat itu Walikota Surabaya, Tri Rismaharini bersujud di hadapan para takmir masjid. Pada 16 Mei 2018, di Gedung Wanita Kalibokor Surabaya, Risma mengundang para takmir masjid mengikuti ledakan bom di tiga gereja Surabaya, pada 13 dan 14 Mei 2018.Tertulis jika Risma bersujud setelah seorang takmir keberatan dengan topik undangan yang bertulis 'Pembinaan Takmir'. "Saya mohon maaf, undanganya mendadak", kata Risma sambil bersujud meminta maaf.

Risma sujud kedua kalinya pada 2 Januari 2020, dalam acara kerja sama antara Pemkot Surabaya dengan Group Astra. Bentuknya program magang kerja untuk 300 anak Surabaya yang putus sekolah.

Di atas panggung, di forum itu, Risma bersujud berterimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada ratusan anak putus sekolah di kotanya. "Kalau boleh saya diberikan kesempatan, saya akan sujud di depan bapak ibu sekalian, karena saya terima kasih. Kaki saya tidak kuat," katanya sambil melipat kaki dan bersujud di panggung.

Dan peristiwa yang ketiga adalah ketika Risma sujud dalam forum audiensi bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya di Balaikota Surabaya, pada Senin 29 Juni 2020.

Risma sujud di tengah adu argumen dengan Ketua Pinere RSUD Dr Soetomo, dokter Sudarsono. Risma membantah sejumlah laporan yang disampaikan pada Pemkot Surabaya, mulai dari sulitnya koordinasi, rumah sakit yang disebut overload, serta banyaknya pasien yang mati sia-sia karena rumah sakit yang overload.

Namun dukungan moril juga banyak dicuitkan oleh warganet. Mereka menyampaikan rasa haru, dukungan dan doa, agar Risma tetapt kuat dan tegar memimpin Surabaya.

Seperti yang dicuitkan @CorneliaDinda, "Lihat berita tentang Bu Risma yang sujud dan nangis di depan dokter karena RS overload rasanya ingin nangis juga. Semangat Bu Risma!!!" tulisnya.

Akun @BustanNia juga berkomentar serupa, sambil mengunggah video tentang Risma yang sujud dan nangis di depan dokter. "Sedih banget lihat video ini. Tetap semangat Bu Risma, semoga selali diberikan kekuatan dan ketabahan".

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Jul 2020 23:23 WIB

Metro TV Minta Polisi Usut Tuntas Terbunuhnya Yodi Prabowo

Nasional

Ada dugaan Yodi tewas dibunuh.

10 Jul 2020 23:19 WIB

Ganjar Pranowo: Alumni UGM Kangslupan Demit

Nasional

Mas, mau liat AD/ART-nya seperti apa, kok organisasi alumni ne hebat.

10 Jul 2020 23:07 WIB

840 ASN Pemprov Jatim Jalani Tes Usap PCR, 98 Positif Covid-19

Jawa Timur

Sebelumnya, pemprov Jatim menemukan 98 ASN terkonfirmasi positif corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...