Warga turun ke Kali Brantas di Desa Sumengko, Kecamatan Wringinanom, Gresik, Sabtu 19 Oktober 2019. Kegiatan ini dilakukan karena warga berniat menangkap ikan mabuk. (foto: dok/ngopibareng.id)

Warga Ragukan Penyebab Ikan Mabuk di Kali Brantas Karena Limbah

Reportase 19 October 2019 11:56 WIB

Puluhan warga Desa Sumengko, Kecamatan Wringinanom, Gresik, ramai-ramai turun ke Kali Brantas yang berada di Depan SDN 1 Sumengko, Sabtu 19 Oktober 2019.

Dari info yang diterima Ngopibareng.id, sekitar pukul 06.00 WIB didapati banyak ikan yang mabuk. Ikan-ikan itu berenang tak beraturan di kali tersebut. Sehingga, banyak warga rela berbasah-basahan menceburkan diri di kali untuk menangkap ikan-ikan itu.

"Tadi jam 06.00 WIB memang ramai turun (ke kali) tapi itu cuma 10 menit-an," kata penyedia jasa tambangan, Martahi kepada Ngopibareng.id, Sabtu 19 Oktober 2019.

Ia mengatakan, banyak warga yang mendapatkan ikan. Hanya saja, tidak mudah bagi warga untuk menangkap ikan tersebut, karena meski dalam kondisi mabuk, ikan-ikan itu masih bisa bergerak dengan gesit.

Martahi mengaku, tidak mengetahui pasti penyebab ikan-ikan itu mabuk. Sebab, tidak ada limbah dari pabrik yang mengalir lewat kali.

"Memang ikan tidak mati, cuma mabuk saja. Ini bukan karena limbah pabrik, kalau limbah pabrik pasti ikannya mati. Lah ini masih gesit," akunya.

"Tapi tadi lumayan warga dapat ikan agak besar-besar," imbuhnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi terkait fenomena tersebut, pihak pengelola Kali Brantas masih belum memberikan tanggapan.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

17 Sep 2020 16:35 WIB

PT Wings, Pemprov, dan Jasa Tirta Bahu-Membahu Bersihkan Sungai

Jawa Timur

Mereka membersihkan Kali Tengah Bambe yang selama ini penyebab banjir.

13 Sep 2020 13:35 WIB

Pemkot Surabaya Akui Tinggalkan Limbah Medis Rapid Test

Surabaya

Limbah medis usai rapid test di bawah Jembatan Suramadu ditinggal.

04 Sep 2020 15:36 WIB

Mahasiswi UK Petra Desain Baju dari Limbah Plastik

Pendidikan

Mahasiswi UK Petra, Tiffany desain baju dari limbah plastik.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...