Koordinator Lumbung Pangan Jatim, Erlangga Satriagung. (Foto: Fariz Yarbo)

Tak Perlu Antre, Lumbung Pangan Jatim Bisa Pesan Antar

Surabaya 21 April 2020 15:55 WIB

Pengelola Lumbung Pangan Jawa Timur telah menyiapkan cara lain yang dapat mempermudah masyarakat untuk membeli bahan pokok secara mudah dengan sistem online yang disediakan. Apalagi, saat ini sedang masa penanganan pandemic virus corona atau Covid-19 sehingga dilarang ada kerumunan warga.

Sistem online itu bisa melalui dua cara yakni melalui website www.lumbungpanganjatim.com atau melalui aplikasi Go-Jek. Sehingga, masyarakat hanya memesan, kemudian akan diantar secara langsung.

Bahkan, khusus pemesanan melalui website akan diantar secara langsung tanpa tambahan biaya ongkir alias gratis.

“Jadi masyarakat sebenarnya gak perlu untuk datang langsung karena bisa kita antar atau lewat Go-shop. Cuma, kalau pesan lewat Go-shop kan mereka bayar sendiri ongkirnya karena itu urusan pribadi dengan driver kita gak bisa intervensi itu. Kalau lewat website kita yang akan bayar ojolnya,” kata koordinator Lumbung Pangan Jatim, Erlangga Satriagung, saat ditemui di lokasi kegiatan Jatim Expo, Surabaya, Selasa 21 April 2020 siang.

Walau begitu, pihaknya juga tidak akan menolak warga yang memang ingin datang langsung ke lokasi. Apalagi, yang berada di luar jangkauan ojek online sejauh 20 Km dari lokasi.

Tak hanya itu, panitia juga telah menyiapkan upaya lain dengan cara drive thru dengan pemesanan melalui aplikasi Meeber.

“Ini sedang kita trial. Mereka bisa drive thru dengan pesan lewat aplikasi, lalu barang-barangnya akan kita siapkan, pembeli tinggal ngasih jadwal kapan mereka akan ambil barangnya, nanti akan kita antar ke kendaraan. Jadi sudah gak perlu antre lagi,” jelas pria yang juga Direktur PT Panca Wira Usaha itu.

Hanya saja, untuk sistem drive thru ini pemesan harus memesan barang dalam jangka waktu satu hari sebelum pengambilan barang.

Langkah-langkah tersebut diambil sebagai upaya turut serta menjaga keselamatan masyarakat di tengah pandemi virus corona. Sehingga, dapat memutus mata rantai penyebaran virus yang kini cukup tinggi di Jatim.

Seperti diketahui, pagi ini Lumbung Pangan Jatim diserbu warga karena ada informasi hoaks yang diterima dari oknum tak bertanggung jawab. Dari info yang dihimpun oleh panitia, warga mendapat info kegiatan ini hanya berlangsung selama tiga hari, terhitung mulai hari ini, Selasa 21 April 2020 sampai Kamis 23 April 2020 mulai pukul 09.00 WIB-13.00 WIB. Padahal kegiatan ini akan diselenggarakan selama tiga bulan, di mana setiap harinya akan dibuka mulai pukul 10.00 WIB-16.00 WIB.

“Masyarakat tidak usah khawatir, program ini akan ada selama tiga bulan dan kami jamin, stok aman selama tiga bulan ini. Ini adalah upaya dari Ibu Gubernur untuk memberi rasa nyaman kepada masyarakat yang sedang menerapkan WFH (work from home), dan ini juga kan memasuki bulan Ramadan,” pungkasnya.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Aug 2020 19:58 WIB

Ketika Ganjar Datangi Undangan dari Anak SD

Nusantara

Ganjar kunjungi bocah SD Salatiga.

06 Aug 2020 19:53 WIB

Viral, Pengantin Wanita Peluk Mantan dan Menangis Histeris

Human Interest

Warganet menduga pria yang dipeluk adalah mantan?

06 Aug 2020 19:47 WIB

Mendadak Jadi Kandidat, PSSI Sidak Kesiapan Bangkalan

Dunia

Masuk daftar kandidat sebagai lapangan latihan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...