Ilustrasi stasiun luar angkasa milik Cina Tianggong-1. Kapan dan dimana jatuhnya bikin harap-harap cemas. (Foto:
Ilustrasi stasiun luar angkasa milik Cina Tianggong-1. Kapan dan dimana jatuhnya bikin harap-harap cemas. (Foto:

Warga Surabaya, Bisa Juga Loh Lihat Stasiun Luar Angkasa Tianggong-1 yang Dikabarkan Akan Jatuh

Ngopibareng.id Surabaya 20 March 2018 11:10 WIB

Stasiun luar angkasa milik Cina, Tianggong-1 yang dikabarkan akan jatuh, kecil kemungkinan bakal jatuh di Surabaya. Hal itu dikemukakan oleh Hamam Nasiruddin, Dewan Pembina Surabaya Astonomy Club.

Kata dia, bumi itu luas, meski 1/8 bumi adalah wilayah Indonesia. Makanya tak menutup kemungkinan jika stasiun luar angkasa Tianggong-1 berpeluang jatuh di Indonesia. Namun pertanyaannya stasiun luar angkasa Tianggong-1 ini akan jatuh di wilayah Indonesia bagian mana? Sedangkan wilayah Indonesia dengan pemukiman paling banyak adalah di Pulau Jawa. Sedangkan Surabaya juga bagian kecil dari Pulau Jawa.

Cak Hammam panggilan akrab Hammam Nasirudin juga mengatakan jika stasiun luar angkasa Tianggong sebenarnya bisa juga disaksikan dengan mata telanjang di wilayah Surabaya. Jika mau melihat, pandangan mata diarahkan ke Barat Laut  menuju arah selatan. Stasiun memang akan bergerak dari barat laut menuju selatan. Stasiun luar angkasa ini akan tampak sekitar jam 18.30 WIB.

"Bisa dilihat dengan mata telanjang. Seperti bintang, namun bergerak. Kalau memakai teropong malah susah karena obyeknya bergerak," kata Cak Hammam.

Saat ini, posisi stasiun luar angkasa Tianggong-1 berada di sekitar 150km. Sama jaraknya dengan Surabaya-Yogyakarta. Penurunan stasiun luar angkasa ini dinilai lebih cepat daripada perkiraaan sebelumnya.

Namun meski tak perlu khawatir, Cak Hammam mengatakan warga harus tetap waspada. Pasalnya stasiun luar angkasa seberat 8,5 ton ini mungkin membawa bahan bakar yang beracun dan korosif, yakni hydrazine. (amr)

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Apr 2018 10:56 WIB

Tiangong-1 Akhirnya Jatuh di Samudra Pasifik

Internasional

Tiangong-1 menerima banyak perhatian sebagian karena beberapa negara Barat mencoba untuk menghebohkan dan menjelek-jelekkan industri kedirgantaraan China yang tumbuh cepat.

12 Mar 2018 12:37 WIB

SEREM...Stasiun Luar Angkasa Cina Seberat 8,5 Ton Bakal Jatuh!

Internasional

Kemungkinan wahana antariksa milik Cina yang sudah lepas kendali sejak 2016 ini, ke jatuh ke pemukiman, sangat kecil. Namun demikian, masyarakat tetap perlu memiliki kewaspadaan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...