Ilustrasi sepeda. (Foto: Unsplash.com)

Warga Sidoarjo Minta Pemkab Bikin Jalur Khusus Sepeda

Jawa Timur 08 August 2020 20:55 WIB

Edy Priyanto dari komunitas sepeda folks.id Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mengatakan jika di Sidoarjo saat ini belum ada jalur khusus sepeda. Ia pun meminta agar pemerintah setempat menyediakan jalur khusus sepeda lantaran tren pesepeda meningkat di Sidoarjo.

Menurutnya, ia belum menemukan jalur khusus sepeda di Sidoarjo. Sedangkan, jalur khusus dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas terutama pengendara sepeda. "Dengan adanya jalur khusus itu, maka pengendara sepeda akan tertib, tidak berjalan dengan tiga baris atau dua baris yang selama ini banyak ditemui di sejumlah ruas jalan di Sidoarjo," katanya, Sabtu 8 Agustus 2020.

Ia pun mengatakan telah membuat jalur sepeda sendiri hasil gotong royong dengan warga Kampung Sekardangan Sidoarjo. "Jalur sepeda sepanjang 500 meter itu dibangun secara swadaya di atas jalan desa setempat," katanya.

Ia berharap, upaya yang dilakukan itu bisa merangsang komunitas sepeda yang lain untuk membantu membuat jalur khusus sepeda. "Kami tidak bisa bertindak sendiri, karena untuk jalur protokol merupakan kewenangan dari Pemkab Sidoarjo," katanya.

Sementara itu, Ketua RT.23 RW.07 Kelurahan Sekardangan, Sidoarjo, Hery Sugiono mengatakan, inisiatif warga membuat jalur khusus sepeda muncukl akibat rasa prihatin lantaran terpinggirkan oleh pengguna kendaraan bermotor lain ketika berada di jalan.

Sedangkan jalur sepeda dianggap penting untuk mengedukasi warga agar terbiasa belajar berbagi ruang atau jalan.

Keluhan itu pun ditanggapi oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo Bahrul Amig. Ia mengatakan akan segera membangun jalur sepeda. "Rencananya pada PAK nanti, semoga ada anggarannya. Kami juga akan melibatkan komunitas sepeda dalam pembuatan jalur sepeda itu," katanya. (Ant)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 09:28 WIB

Joy Tobing Positif Covid-19, Kehilangan Indra Penciuman

Selebriti

Joy Tobing positif Covid-19, gejalanya mulai dari demam, batuk, dan flu.

01 Oct 2020 09:10 WIB

Anas Urbaningrum Dapat Potongan Hukuman Selama 6 Tahun

Hukum

Pidana Anas Urbaningrum turun dari 14 menjadi 8 tahun.

01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan

Pilpres AS memasuki masa debat calon pilpres. Siapa yang menang?

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...