Titik kejadian api yang disebabkan oknum bakar-bakar sampah di Jalan Ikan Tengiri, Kelurahan Mayangan, Kota Probolinggo. (Foto: Faiq/ngopibareng.id)
Titik kejadian api yang disebabkan oknum bakar-bakar sampah di Jalan Ikan Tengiri, Kelurahan Mayangan, Kota Probolinggo. (Foto: Faiq/ngopibareng.id)

Warga Minta PGN Pasang Imbauan Larangan Bakar Sampah

Ngopibareng.id Jawa Timur 16 December 2019 06:17 WIB

Warga di Jalan Ikan Tengiri, Kelurahan Mayangan, Kota Probolinggo menginginkan PT PGN memasang imbauan di titik lokasi kejadian beberapa waktu lalu. Salah satu warga bernama Ahmad Rajabin, mengatakan, di titik kejadian kemarin, memang sering digunakan warga untuk bakar-bakar sampah.

"Saya berharap diberi tanda agar orang tidak sembarangan bakar-bakar sampah," ucap Rajabin kepada ngopibareng.id, Minggu 15 Desember 2019.

Menurut Rajabin, di sudut tersebut memang biasanya digunakan orang untuk membuang sampah kering.

"Itu kelihatan banyak plastik, kertas bungkusan dibuang di sana. Nah, kadang ada orang iseng bakar-bakar. Apalagi kalau sudah menumpuk sampahnya," ujarnya.

Saat kejadian, menurut Rajabin, dia sempat melihat ada asap hitam. Ia menyebut, asap hitam biasanya berasal dari pembakaran sampah.

"Kalau sampah biasanya asapnya hitam. Saat saya lewat memang ada asap berwarna hitam," ujarnya.

Keinginan serupa juga diucapkan oleh Ketua RT setempat, Artoyan. Ia malah senang, bila PT PGN memasang imbauan supaya warga menjadi lebih tertib.

"Kita tidak tahu siapa yang bakar-bakar sampah kemarin. Tapi kalau ada imbauan dipasang di sana ya bagus. Apalagi imbauan tidak buang sampah sembarangan, kan juga menjaga lingkungan," ucapnya.

Kata dia, imbauan semacam ini sifatnya mendidik. Mungkin saja ada warga yang belum paham soal bahayanya membakar sampah sembarangan. Jika papan imbauan semacam ini terpasang, Artoyan yakin akan diperhatikan oleh warganya.

"Sejak zaman saya jadi RT dari eranya Presiden Habibie, saya kalau imbau warga alhamdulillah mereka menerima dan selalu melaksanakan dengan baik," ujarnya.

Sementara Sales Representative PGN Area Pasuruan-Probolinggo, Alif Pramoedya saat dikonfirmasi memastikan pihaknya akan memasang imbauan di titik kejadian tersebut.

"Imbauan ini, guna warga lebih hati-hati, kita rawat bersama aliran jargas ini, karena ini kan digunakan bersama-sama. Secepatnya akan kita pasang," ucapnya.

Penulis : Faiq Azmi

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Nov 2020 12:05 WIB

Tidak Jadi Pengurus, Din Syamsuddin: Berjuang Tak Harus di Dalam

Nasional

Bagi Din, berjuang bisa dari luar sistem.

28 Nov 2020 11:45 WIB

KAI Kampanyekan Keselamatan di Jalur Perlintasan Sebidang

Jawa Timur

Sosialisasi ini dilakukan untuk mencegah kecelakaan.

28 Nov 2020 11:44 WIB

Ahli Nuklir Iran Fakhri Zaden Dibunuh, Israel Harus Tanggungjawab

Internasional

Ilmuwan nuklir Fakhri Zadeh dibunuh, Iran sebut Israel bertanggungjawab.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...