Arca temuan warga di Dusun Kewagean, Desa Krenceng, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. (Foto: DPN)

Warga Kediri Digegerkan Temuan Arca Mirip Arca Ganesha

Jawa Timur 16 June 2019 21:20 WIB

Warga Kediri dihebohkan dengan temuan arca Ganesha mirip lambang Kabupaten Kediri. Arca itu ditemukan warga di Dusun Kewagean, Desa Krenceng, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Arca itu ditemukan Sabtu, 15 Juni 2019 sore.

Arca kuno itu mirip dengan lambang Kebesaran Kediri. Arca tersebut diperkirakan berusia ratusan tahun. Dengan deskripsi patung Ganesha berukuran tinggi sekitar 33 Cm, lebar 19 Cm, tebal arca 13 cm.

Arca Ganesha tersebut awalnya ditemukan salah satu warga setempat bernama Prianto (48) yang sedang mengerjakan pembangunan septic tank serta pondasi rumah milik warga desa Damarwulan yang ada di desa Krenceng Kecamatan Kepung Kediri.

"Saya sedang membangun dan menggali buat septic tank serta pondasi rumah, tiba tiba menemukan sebuh benda keras, kemudian saya bongkar pelan pelan, ternyata ada arca. Saya lapor perangkat desa," ujar Prianto, Minggu, 16 Juni 2019.

Prianto terkejut saat menggali septic tank pada kedalaman 2 meter. Ia menemukan struktur batu bata kuno berukuran besar. Batu bata tersebut terus digali dan tiba tiba Ia menemukan batu berelief menyerupai arca Ganesha

"Saya sempat gemetar mas, karena arca kan benda purbakala. Saya gali saat mencapai sekitar 2 meter, saya temukan bata dan arca relief seperti Ganesha," kata Prianto.

Hingga saat ini perangkat desa dan penggiat benda purbakala yang bernama Damar Panuluh Nusantara ikut menjaga lokasi temuan arca dan menunggu pihak pemerintah Kabupaten Kediri untuk menindaklanjuti temuan tersebut. (wit/ant)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Apr 2020 13:58 WIB

Petugas Periksa Kesehatan Pendatang di Stasiun Kediri

Jawa Timur

Tim gugus tugas covid-19 obeservasi penumpang dari luar daerah.

02 Apr 2020 16:10 WIB

Pemkot Kediri Fungsikan Gedung Poltek Jadi Ruang Observasi TKI

Jawa Timur

Walikota kediri meninjau langsung kesiapan ruangan tersebut

02 Apr 2020 05:30 WIB

Bantu Pemprov Atasi Corona, IIK Bhakti Wiyata Buat Hand Sanitizer

Jawa Timur

Selain hand sanitizer, IIK Bhakti Wiyata juga membuat minuman herbal.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.