Ribuan warga Israel berkumpul di Yerusalem tuntut Benjamin Netanyahu mundur dari kursi Perdana Menteri. (Foto: The Arab News)
Ribuan warga Israel berkumpul di Yerusalem tuntut Benjamin Netanyahu mundur dari kursi Perdana Menteri. (Foto: The Arab News)

Warga Israel Tuntut Netanyahu Mundur, Aksi di Tengah Pandemi

Ngopibareng.id Internasional 27 September 2020 11:47 WIB

Ribuan warga Israel berkumpul di Yerusalem menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Aksi tersebut terjadi sehari setelah negara itu memperketat pengunciannya untuk membendung kasus virus Corona yang meningkat, Sabtu malam 26 September 2020.

Prosesi panjang mobil yang membawa orang-orang dari seluruh negeri menyebabkan kemacetan lalu lintas di kota, dengan ratusan protes kecil diadakan di jembatan dan persimpangan nasional.

Israel memulai penguncian nasional kedua pada 18 September dalam upaya menurunkan tingkat infeksi virus corona tertinggi di dunia per kapita.

Pada hari Jumat 25 September 2020, pembatasan diperketat lebih lanjut, termasuk membatasi perjalanan internasional dan menghadiri ibadah dalam ruangan.

Tetapi anggota parlemen memblokir proposal pemerintah yang akan membatasi pertemuan protes karena orang-orang yang berkuasa hanya dapat berdemonstrasi dalam kelompok 20 orang dan dalam satu kilometer dari tempat tinggal mereka.

Netanyahu, dalam sebuah video yang dikeluarkan Sabtu malam, mengecam "keputusan populis di parlemen untuk membatalkan pembatasan yang diberlakukan pemerintah setelah kami melihat peningkatan infeksi."

Para pengunjuk rasa pada hari Sabtu mengatakan upaya pemerintah untuk memblokir mereka adalah salah satu motivasi mereka turun ke jalan.

"Orang-orang di sini adalah kesempatan terakhir bagi Israel untuk bebas dan demokratis," katanya seperti dikutip dari The New Arab.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jan 2021 10:05 WIB

Terima Kasih, Tom Dumoulin!

Gowes Bareng

Team Jumbo-Visma mengumumkan Tom Dumoulin menjadi pemimpin tim ini.

25 Jan 2021 09:30 WIB

Petirtaan Sumber Beji Sungguh Istimewa

Jejak Peradaban

Sistem saluran air di pentirtaan ini menggunakan sistem penyaringan.

25 Jan 2021 09:17 WIB

Lelucon di Masa Pandemi, Orang Eropa Lahir di Afrika

Humor Sufi

Selalu ada jalan pelepasan bagi ketegangan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...