Kentang goreng (frites) Belgia. (Foto: Istimewa)

Warga Belgia Banyak Makan Kentang Goreng saat Corona

Internasional 01 May 2020 13:10 WIB

Warga Belgia diminta untuk lebih banyak mengkonsumsi kentang di tengah pandemi corona atau Covid-19. Hal ini rupanya dipicu oleh 750 ribu ton kentang yang berpotensi terbuang percuma dan menjadi limbah.

Belgia lantas meminta agar penduduknya membantu masalah tersebut dengan menyelipkan frites Belgia alias kentang goreng ke dalam menu makanan mereka 2 kali seminggu. Masalah ini merupakan imbas dari langkah antisipasi pandemi corona, dimana banyak restoran dan bar ditutup sejak pertengahan Maret, serta festival frites Belgia dibatalkan.

Hal ini membuat petani kentang di Belgia berisiko harus menghancurkan ribuan ton hasil panen. Dengan menurunnya permintaan, organisasi perdagangan Belgapom pun meminta warga untuk membantu dengan cara meningkatkan konsumsi kentang goreng di rumah dari seminggu sekali menjadi dua kali seminggu.

Melansir Insider, frites jarang menjadi menu rumahan, biasanya suguhan tersebut disantap di restoran atau dibungkus dan dibawa pulang dari bar makanan ringan. Meski ada sejumlah bar makanan ringan yang masih buka dan menyajikan pesanan take-away di Belgia, namun kebanyakan orang sudah tidak keluar rumah.

Tak hanya meminta warga untuk lebih banyak mengkonsumsi kentang, Belgapom juga menjajaki sejumlah jalan lain agar hasil panen tidak terbuang sia-sia. Organisasi ini rupanya juga menyumbangkan 25 metrik ton kentang ke bank makanan setiap minggunya hingga akhir Mei mendatang.

"Seluruh rantai kentang kami merasa senang, karena berkat tindakan ini sejumlah kentang masih menemukan jalan mereka ke 460 titik distribusi bank makanan Belgia," jelas Sekretaris Jenderal Belgapom, Romain Cools.

"Dengan cara ini, kami juga berkontribusi dalam menyediakan kentang yang enak dan sehat untuk pihak-pihak terlemah dalam masyarakat."

Sebagai informasi, Belgia telah melaporkan 48.519 kasus Covid-19 hingga Kamis, 30 April 2020. Dari jumlah tersebut, 11.576 pasien dinyatakan sembuh dan 7.594 orang dilaporkan meninggal dunia.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 23:45 WIB

Vinales Lepas dari Kutukan Pole Position

MotoGP

Vinales meraih pole position dan finis pertama.

20 Sep 2020 23:30 WIB

Bupati Aceh Barat Positif Covid-19, Istri dan Anaknya Negatif

Nasional

Hasil tes swab Bupati Aceh Barat positif Covid-19.

20 Sep 2020 23:15 WIB

Aubameyang Pemain Bergaji Termahal di Liga Inggris

Liga Inggris

Gaji Aubameyang termahal dibanding pemain di Liga Inggris lainnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...