Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Wasetpres)
Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Wasetpres)

Wapres Resmikan PKKMB Universitas Negeri Surabaya

Ngopibareng.id Nasional 07 September 2020 15:40 WIB

Menghadapi persaingan global saat ini, pemerintah menempatkan pembangunan sumber daya manusia unggul sebagai program prioritas, yakni bukan hanya berdaya saing global, tetapi juga memiliki jiwa nasionalisme sebagai identitas, dengan tetap berpijak pada kearifan lokal.

“Saya mengharapkan Anda semua dapat mewujudkan semangat nasionalisme tersebut, sehingga sekalipun kita memiliki keunggulan kompetitif secara global, kita selayaknya tetap berpijak pada ideologi dan kearifan lokal,” imbau Wakil Presiden K. H. Ma’ruf Amin pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Universitas Negeri Surabaya (Unesa), melalui video conference di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Jakarta, Senin 07 September 2020.

Lebih lanjut, Wapres menyebutkan Presiden RI ke-3, Prof. Dr. B.J. Habibie merupakan contoh yang patut diteladani oleh pemuda Indonesia. Menurutnya, ia adalah bukti nyata bahwa kecerdasan atau kemampuan mampu melanglang buana dan bersaing di era global ini, tetapi hati atau jati diri tetap melekat sesuai dengan identitas dan akhlak sebagai insan nusantara.

Wapres menambahkan, nasionalisme juga penting untuk dipahami, mengingat bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, yang terdiri dari berbagai suku, agama dan ras. Oleh karena itu, ia pun memaparkan beberapa poin sebagai upaya penguatan ideologi bangsa dan semangat nasionalisme bagi generasi milenial.

Ia juga mengingatkan, agar lembaga pendidikan tinggi harus memiliki metode yang kreatif dalam menyisipkan bahan ajaran untuk memantapkan kesadaran dan pemahaman ideologi negara, yakni Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Dengan kokohnya ideologi Pancasila, kita memperkuat identitas bangsa kita,” ujar Wapres.

Wapres juga berpesan bahwa penguatan karakter mahasiswa sangat diperlukan, supaya mampu menempatkan kepentingan masyarakat sebagai yang utama tanpa memandang suku, agama, dan golongan.

“Pendidikan karakter ini perlu diselenggarakan dengan metode yang lebih inovatif dan kreatif, agar tetap menarik dan efisien,” ujarnya.

Wapres mengingatkan pentingnya peningkatan penyempurnaan pendidikan kemampuan teknis atau hard skill yang diiringi dengan pengembangan kemampuan komunikasi atau soft skill. Sebab, dengan kombinasi hard skill dan soft skill yang baik, maka akan tercipta lulusan yang humanis, dan mampu menghadapi perubahan sosial.

Wapres meminta kepada para mahasiswa agar mampu mengoptimalkan kesempatan yang dimiliki dalam mengenyam pendidikan tinggi. Sebab, berdasarkan data Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS-BPS) Februari 2020, dari 137,91 juta penduduk usia 15 tahun ke atas yang bekerja, hanya sekitar 14,2 juta atau hanya 10,3% yang berkesempatan menikmati pendidikan tinggi.

Wapres berpesan, mahasiswa sebagai penerus bangsa dan kelompok elite dalam struktur masyarakat Indonesia diharapkan menjadi agen perubahan yang konsisten untuk menyuarakan nilai-nilai nasionalisme, cinta tanah air, patriotisme, dan toleransi.

Di samping itu, mahasiswa juga diharapkan dapat menjadi kaum intelektual yang tidak hanya memahami ilmu pengetahuan, tetapi juga menjunjung tinggi moralitas dan menghargai kehidupan sosial.

“Dunia tidak akan menjadi lebih baik hanya karena banyaknya orang cerdas, tetapi dunia akan lebih baik karena moralitas dan kohesi sosial yang baik,” kata Wapres mengingatkan.

Wapres mengapresiasi civitas akademika Unesa atas terselenggaranya acara ini. Ia pun berharap pendidikan tinggi dapat mengambil peran lebih besar dalam upaya mencari inovasi dan terobosan yang bisa mempercepat pemulihan kehidupan masyarakat untuk kembali produktif di masa pandemi ini melalui edukasi dan sosialisasi secara masif kepada masyarakat.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Oct 2020 22:20 WIB

Er-Ji Unggul di Survei, Pengamat: Hasil Kerja Risma dan Mesin PDI

Pilkada

Survei internal partai, Er-Ji akan memenang Pilwali.

24 Oct 2020 22:00 WIB

Jika Menang, Er-Ji Gunakan Digital untuk Pantau Kesejahteraan

Pilkada

Big data itu yang akan jadi kawah Eri dalam membangun Surabaya.

24 Oct 2020 21:50 WIB

Sinopsis Anaconda 3: Offspring, Perburuan Ular Raksasa Ganas

Film

Film Anaconda 3: Offspring akan tayang di Bioskop Trans TV.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...