Wapres RI KH Ma;ruf Amin
Wapres RI KH Ma;ruf Amin

Wapres Berharap Natal Berlangsung Damai Dan Khusuk

Ngopibareng.id Nasional 25 December 2019 07:00 WIB

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin berharap perayaan Natal di seluruh tanah air berlangsung damai dan khusyuk. Dan seluruh umat Nasrani bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman.

"Wakil Presiden berharap, perayaan ibadah Natal Tahun 2019 berlangsung secara khusuk, damai dan nyaman dilaksanakan dan dirasakan oleh seluruh saudara kita umat Nasrani di seluruh tanah air," kata juru bicara Wakil Presiden, Masduki Baidowi, menyampaikan pesan Ma'ruf Amin melalui keterangan tertulis, yang diterima ngopibareng.id  Rabu 25 Desember 2019.

Masduki menuturkan Ma'ruf juga berpesan kepada seluruh aparat agar mendukung pelaksanaan ibadah umat Nasrani. 

"Oleh karena itu berbagai pihak, terutama aparat keamanan dan kepolisian serta seluruh masyarakat sebagai saudara sebangsa harus mendukung terhadap kenyamanan dan keamanan pelaksanaan perayaan ibadah natal dari saudara kita umat Nasrani tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan perayaan Natal tahun 2019 berjalan kondusif di seluruh Indonesia. Polri dan TNI tetap melakukan pengamanan maksimal hingga perayaan Tahun Baru 2020.

"Alhamdulillah sampai saat ini seluruh Indonesia berjalan kondusif, aman. Kami bersama Bapak Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto) malam ini di Jakarta, besok sampai malam Tahun Baru kita akan cek lagi ke wilayah," ujar Idham saat meninjau perayaan Natal di Gereja Katholik Bunda Hati Kudus, Kemakmuran, Jakarta Pusat, Selasa 24 Desember malam.

Idham mengatakan TNI dan Polri akan terus menjaga keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru. Dia meminta semua pihak untuk menciptakan situasi yang kondusif.

"Jadi, seluruh kegiatan malam ini kita yakinkan pada saudara kita yang merayakan hari Natal bahwa Polri dan TNI, serta komponen masyarakat yang lain hadir untuk menjaga menjamin keamanan dan ketertiban. Saya juga berharap kerja sama seluruh komponen masyarakat dan teman-teman media untuk memberikan pemberitaan yang sejuk," ujarnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan perayaan Natal di Jakarta berjalan dengan lancar. Hadi menyebut situasi itu sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Saya cek secara langsung bahwa di tiga tempat semuanya bisa berjalan sesuai yang kita harapkan, lancar dan saya lihat juga saya liat semuanya khusyuk. Artinya bahwa situasi aman. Saat ini benar-benar bisa kita capai," ujar Hadi kepada wartawan.

Hadi kemudian berpesan kepada aparat keamanan yang berjaga di pos Natal dan Tahun Baru untuk menjaga keamanan dan melayani masyarakat. Dia menekankan agar aparat bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

"Kami juga minta kepada seluruh aparat yang ditugaskan di pos gabungan tetap menjaga keamanan ini dan melayani masyarakat dengan humanis. Mereka tetap saya ingatkan bahwa harus mengikuti SOP atau protap yang sudah dikeluarkan oleh Polri," tuturnya.

Panglima TNI dan Kapolri telah melakukan peninjauan di beberapa gereja di Jakarta. Peninjauan diawali di Gereja HKBP Slipi, Gereja GPIB Jemaat Shaloom, Jakarta Barat dan mengakhiri tinjauan di Gereja Katholik Bunda Hati Kudus Kemakmuran, Jakarta Pusat.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Oct 2020 20:50 WIB

Kelompok Tani Wanita Produksi Nasi Tiwul Khas Lereng Wilis

Jawa Timur

Nasi tiwul ini dikemas agar menarik pembeli.

25 Oct 2020 20:50 WIB

Sinopsis Kung Fu Hustle: Pura-pura Jadi Anggota Preman

Film

Aksi Stephen Chow di film Kung Fu Hustle tayang di Bioskop Trans TV.

25 Oct 2020 20:16 WIB

Melesat Sejak Awal, Morbidelli Juara MotoGP Teruel 2020

MotoGP

Morbidelli tak terkejar oleh lawan-lawannya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...