Wapres Amerika Kunjungi Israel

22 Jan 2018 10:27 Internasional
Ngopibareng.id |

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence tiba di Israel pada Minggu 21 Januari 2018 waktu setempat dalam kunjungan yang disambut hangat oleh pemimpin Israel namun dicerca oleh warga Palestina, yang marah karena keputusan Washington mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Lawatan yang sebelumnya dijadwalkan Desember dan kemudian ditunda itu merupakan pemberhentian terakhir lawatan yang meliputi persinggahan di Mesir dan Yordania serta kunjungan ke sebuah fasilitas militer AS di dekat perbatasan Suriah.

Pence disambut karpet merah di Bandara Ben Gurion Tel Aviv sebelum memasuki iring-iringan mobil menuju Yerusalem. Dia akan bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Senin sebelum berpidato di parlemen Israel pada hari yang sama, yang akan diboikot anggota parlemen Israel keturunan Arab.

Pada Selasa, dia akan mengunjungi Tembok Ratapan Yerusalem, salah satu situs paling suci dalam agama Yahudi, dan memorial Yad Vashem Holocaust sebelum pulang.

Sementara Presiden Palestina Mahmoud Abbas membatalkan rencana pertemuan dengan Pence karena Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada 6 Desember. (ant)

Penulis : Wahidin


Bagikan artikel ini