Wanita Tak Perlu Sering Cuci Bra?

27 Oct 2018 12:27 SapaDokter

Pertanyaan seberapa sering wanita harus mencuci dan mengganti bra sering dilontarkan oleh para wanita. Persoalan semacam ini kerap menghasilkan banyak tanggapan, jauh lebih banyak daripada pertanyaan terkait "seberapa sering seseorang harus mencuci pakaian dalamnya".

Jika Anda adalah tipe perempuan yang mencuci satu bra setiap seminggu atau sebulan, menurut salah satu ahli pakaian dalam, Anda mungkin bisa membuat bra tersebut dipenuhi daki.

Jen Luciani penulis The Bra Book, mengungkapkan bahwa bra sebenarnya harus dicuci setelah digunakan. "Anda harus mencuci bra setelah setiap kali dipakai. Ini jarang sekali diterapkan oleh para perempuan di dunia, hanya segelintir dari mereka yang melakukannya," ucap Luciani, seperti dikutip dari The Independent.

Luciani yang juga menjadi pakar gaya hidup Australia itu menambahkan, ini bukan hanya karena didasarkan pada kebersihan, tetapi juga untuk merawat bra tersebut. "Bra Anda mengumpulkan cukup banyak keringat, kotoran, dan elemen dari udara, yang benar-benar dapat mengikis keawetan pakaian dalam, mempengaruhi elastisitas dan bahannya," ucapnya lagi.

Luciani melanjutkan dengan menjelaskan bahwa kotoran dan minyak yang keluar dari kulit, secara bertahap dapat mengikis elastisitas bahan bra ketika Anda terlalu memaksakan penggunaannya. "Jika Anda ingin bra Anda benar-benar kencang, Anda harus mencucinya setiap hari, imbuh dia.

Namun, Lexie Sachs yang merupakan analis produk senior di Textiles Lab di Good Housekeeping Institute, menjelaskan bahwa mencuci bra tergantung aktivitas si pemakainya.

"Seberapa sering Anda mencuci bra? Itu tergantung pada tingkat aktivitas Anda dan seberapa banyak Anda berkeringat ketika Anda memakainya," papar Sachs. "Jika Anda tidak mengeluarkan banyak keringat dan memakainya untuk penggunaan biasa, Anda dapat mencucinya beberapa hari kemudian," sambungnya. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini