Wali Kota Malang, Sutiaji saat berada di Balai Kota Malang, beberapa waktu lalu (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)
Wali Kota Malang, Sutiaji saat berada di Balai Kota Malang, beberapa waktu lalu (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)

Walikota Malang Nyatakan Dirinya Positif Covid-19

Ngopibareng.id Jawa Timur 01 December 2020 17:36 WIB

Wali Kota Malang, Sutiaji, menyatakan dirinya positif terinfeksi Covid-19 berdasarkan uji swab atau uji usap yang dilakukan pada Senin, 30 November 2020, kemarin malam. 

Uji swab dilakukan kepada Sutiaji beserta seluruh keluarganya. Hal ini menyusul kondisi kesehatannya yang menurun pada 20 November 2020 lalu setelah melakukan serangkaian kegiatan dinas, baik di dalam maupun luar kota. 

"Karena memang saya tidak ada gejala (Covid-19), mau beraktivitas tapi saya dan keluarga putuskan harus berdiam diri dan batasi aktivitas. Baru hasil laboratorium (uji swab) kemarin 30 November 2020 malam, hasilnya kami dinyatakan positif," ungkapnya pada Selasa, 1 Desember 2020. 

Sebelum dilakukan uji swab, terang Sutiaji, dirinya sudah melakukan rangkaian pemeriksaan kesehatan yang difasilitasi oleh Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang. 

Labkesda dan RSUD Kota Malang sudah melakukan tahapan-tahapan seperti rapid test, hasilnya non-reaktif, terus cek darah hingga general check up," ujarnya.

Terkait dirinya yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab, Sutiaji juga sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 28 Tahun 2020 terkait pemberlakuan Work From Home (WFH) bagi ASN yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

"Mohon doanya dan mudah-mudahan kami bisa beraktivitas kembali. Banyak pekerjaan besar yang akan kami lakukan. Saya belum bisa berikan yang terbaik," katanya. 

Hingga saat ini Sutiaji masih belum mengetahui riwayat dirinya terinfeksi Covid-19 dari mana. Saat ini yang terpenting baginya adalah masyarakat Kota Malang tetap menjaga imun tubuh agar tidak terpapar Covid-19. 

"Sekali lagi saya minta kesehatan yang terpenting. Jaga diri panjenengan. Imun dijaga, jangan terlalu capek. Sampai saat ini belum diketahui dari mana saya terpapar Covid-19," tuturnya. 

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Jan 2021 20:00 WIB

Paket Tahu Goreng Diduga Narkoba Diselundupkan ke Lapas Malang

Kriminalitas

Akan lakukan uji laboratorium forensik terhadap barang tersebut.

27 Jan 2021 19:50 WIB

Sinopsis Point Break: Penyamaran Agen FBI Berolahraga Ekstrem

Film

Bioskop Trans TV akan menayangkan film Point Break.

27 Jan 2021 19:40 WIB

Merapi Meletus, Ganjar: Masyarakat di Puncak Gunung Aman

Nusantara

Gunung Merapi meletus, Rabu 27 Januari 2021.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...