Gubernur Jatim menangis saat melepas jenazah Wakil Wali Kota Kediri, Lilik Muhibbah di peristirahatan terakhir. (Foto: istimewa)

Lepas Jenazah Wawali, Khofifah Menangis Kenang Jasa Almarhumah

Jawa Timur 16 February 2020 18:40 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa memimpin pelepasan jenazah almarhumah Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah, Minggu 16 Febuari 2020 di rumah duka menuju pemakaman keluarga di Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Khofifah menangis saat memberikan sambutan. Gubernur Khofifah mengungkapkan perasaan duka yang paling dalam atas kepergian rekannya di Muslimat NU.

Khofifah juga menilai Ning Lik sapaan akrab almarhumah Lilik Muhibbah, semasa hidupnya dikenal sebagai sosok yang pantas untuk dijadikan panutan bagi kepala daerah lainya, dimana bersangkutan mampu membangun keharmonisan yang sangat baik.

"Saya ini berkawan sangat lama dengan Bu Lilik. Satu hal yang saya sampaikan ke Pak Wali, beliau tidak pernah mengatakan satu katapun terkait dengan kebersamaan memimpin Kota Kediri. Ini bisa menjadi role model, bagaimana harmoninya kepala daerah dan wakilnya terbangun sangat baik," kata Khofifah sambil usap air matanya.

Khofifah menilai, harmoni patnership yang sudah dijalankan oleh almarhum semasa hidupnya, dengan terpilih sebagai wakil wali ota selama dua perode ini bisa dijadikan referensi bagi kepala daerah lainnya.

"Artinya, ada suasana saling menghormati, saling menghargai, serta saling apresiasi," ujarnya.

Lanjut Kofifah, Ning Lik adalah seorang pejuang, baik di lingkungan keluarga, pondok pesantren, lingkungan Muslimat NU.

"Beliau bekerja sangat keras untuk mencapai prestasi. Ini referensi bagi kalangan perempuan berbasis pesantren," katanya.

Kata Khofifah, meski sudah menjabat sebagai wakil wali kota, almarhumah selalu menyempatkan diri mengajar di pondok pesantren.

"Jadi, nilai nilai spiritualitas, religiusitas dan kepesantrenan tetap melekat pada seorang Bu Lilik. Mudah-mudahan beliau dipanggil dalam keadaan khusnul khotimah," kata Khofifah.

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menginginkan segala aktivitas yang sudah digeluti dan diperjuangkan oleh almarhumah semasa hidupnya, baik dalam lingkup Muslimat NU, PMI dan organisasi kewanitaann, dapat diteruskan.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Wali Kota Kediri, Lilik Muhibbah meninggal dunia setelah menjalani perawatan di RSUD dr Soetomo. Lilik meninggal diduga karena serangan stroke. 

Jenasah Lilik dimakamkan pada Minggu, 16 Februari 2020 pukul 09.00 WIB di tempat pemakaman keluarga di kelurahan Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

Penulis : Fendhy Plesmana

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Apr 2020 03:34 WIB

AJI Protes Rencana Bantuan Non Tunai untuk Wartawan Malang

Jawa Timur

Pemberian bantuan berpotensi melanggar kode etik.

05 Apr 2020 02:20 WIB

Belum Ada Jamu Anti Corona, Kata Dosen ITS

Surabaya

Jamu berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

05 Apr 2020 01:45 WIB

Pulang dari Amerika, NCT 127 Tak Jalani Isolasi

ngopiK-pop

NCT 127 tak isolasi diri meski wabah corona di Amerika semakin parah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.