Mayjen (Pur) Soewarno (kiri) bersama koleganya. (Foto: ist/ngopibareng.id)

Wakil Ketua KONI: Kaderisasi Buruk Indonesia Miskin Atlet Renang

Nasional 23 July 2019 18:00 WIB

Indonesia sekarang miskin atlet renang dan atletik. Indonesia tertinggal dengan negara negara lain yang dulu prestasinya di bawah Indonesia.

"Tidak perlu ditutup-tutupi, faktaya memang seperti itu, siapa yang mau bantah," kata Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mayjen (Pur) Soewarno, pada ngopibareng.id di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Selasa 23 Juli 2019.

Menurut mantan Pangdam V Brawijaya, minimnya prestasi di atletik dan renang, bukan karena dua cobang olahraga ini tidak diminati. Tapi
akibat buruknya kaderisasi. Sehingga, saat prestasi altet yang dibanggakan itu melorot, tidak ada penggantinya.

"Harus dipersiapkan dari titik nol lagi. Sehingga keikutsertaan atlet renang Indonesia di kejuaraan tingkat Asia dan dunia, sekadar mencari pengalaman, tidak punya target menjadi juara. Beberapa cabang olah raga lainnya juga ada yang. mengalami peceklik seperti cabang renang dan atletik," kata Soewarno.

Sebelumnya Indonesia memiliki atlet renang tiga bersaudara yang pernah mengharumkan nama Indonesia di ajang lomba regional maupun internasional. Mereka sdalah Elsa Monora Nasution, Elvira Rosa Nasution dan Kevin Rose Nasution.

Elsa Monora Nasution. Perempuan kelahiran 25 Oktober 1977 ini pernah meraih juara satu dan mendapat medali emas pada ajang bergengsi SEA games. Selain itu ia juga pernah menjuarai beberapa perlombaan renang di tingkat Asia.

Selain Elsa, kakaknya yang bernama Elfira Rosa Nasution juga merupakan perenang handal. Elfira pernah mencatat prestasi spektakuler pada tahun 1989. Ia berhasil memecahkan 8 rekor tingkat nasional pada perlombaan PON (Pekan Olahraga Nasional) di Jakarta. Ia juga pernah mendapatkan beberapa medali pada ajang perlombaan Sea Games dan Asian Games.

Ia pernah dinobatkan sebagai Atlet Terbaik Nasional SIWO/PWI Jaya (1980, 1981, 1983). Mendapat 9 -medali emas dalam kejuaraan antar klub di Jakarta, 1983PON XI, Jakarta, 1985, ia meraih 8 emas, 2 perak.

Saudari Elsa yang berprestasi di ajang perlombaan renang selain Elfira, ada lagi si bungsu Kevin Rose Nasution. Dilihat dari namanya, ada yang menyangka Kevin ini pria, tapi Kevin adalah seorang wanita tulen. Soewarno mengharapkan ke depan akan lahir perenang perenang baru, setelah SDM, sarana dan prasaranya diperbaiki, termasuk persediaan anggaran yang cukup, kata Soewarno, yang juga pernah menjabat Dan Paspampres (asm)

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...