Ilustrasi Pilkada 2020. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi Pilkada 2020. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Wajib Tes Swab Sebelum Undian Nomor Urut Paslon

Ngopibareng.id Nasional 21 September 2020 22:05 WIB

Pilkada 2020 yang digelar serentak akan memasuki tahapan penetapan dan pengundian nomor urut pasangan calon (paslon). Tahapan ini akan digelar pada 23-24 September mendatang.

Komisioner KPU, Ilham Saputra menyampaikan, dalam tahapan tersebut, pihaknya akan kembali melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19 seperti yang sudah dilakukan di tahapan pendaftaran Pilkada 2020 dan tes kesehatan. Salah satunya adalah mewajibkan para bakal paslon (bapaslon) tes swab terlebih dahulu sebelum menghadiri lokasi acara.

"Kita harus pastikan bahwa mereka sudah negatif (Covid-19) terlebih dahulu sebelum kemudian mereka hadir dalam pengundian nomor urut," kata Ilham dalam forum Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin 21 September 2020.

Apabila ditemukan satu paslon yang positif jelang tahapan tersebut, nomor urut paslon yang bersangkutan akan mengikuti nomor urut berikutnya setelah nomor urut pasangan calon yang sudah ditetapkan sesuai dengan jadwal dan tahapan.

"Lebih dari satu pasangan calon yang positif dilakukan pengundian nomor urut di antara pasangan calon bersangkutan dengan mengikuti nomor urut berikutnya setelah nomor urut pasangan calon yang sudah ditetapkan sesuai jadwal dan tahapan," ujar Ilham.

KPU, kata Ilham, sudah mengatur sedemikian rupa agar kemudian protokol kesehatan dalam tahapan pengundian nomor urut pasangan calon dipastikan dipatuhi oleh seluruh paslon.

Ketika sudah ditetapkan sebagai paslon, KPU akan memanggil tim dari masing-masing paslon agar tidak melakukan pengerahan massa pada saat pengundian nomor urut.

Ilham mengatakan, langkah itu dilakukan dalam rangka memastikan tidak ada kerumunan yang terjadi pada saat tahapan pengundian nomor urut. Dengan begitu, penyebaran Covid-19 bisa diantisipasi.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Oct 2020 09:55 WIB

Bursa Calon Pimpinan BPJS Kesehatan Ada Eks Jubir Satgas Covid-19

Nasional

Nama eks Jubir Satgas Covid masuk bursa calon pimpinan BPJS Kesehatan.

20 Oct 2020 09:37 WIB

Musim 2021: Bianchi, Cervelo, dan Scott Pindah Tim

Gowes Bareng

Tiga tim besar WorldTour mengumumkan partner sepeda untuk musim 2021.

20 Oct 2020 09:15 WIB

Tipu Pencairan Dana Hibah Madrasah, KPK Gadungan Dibekuk Polisi

Kriminalitas

Tipu daya penyidik Tipikor Polda Jatim sekaligus anggota KPK gadungan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...