Pemprov Jatim Kejar Kesiapan Jalan Tol Jelang Mudik Lebaran

10 May 2019 09:20 Jawa Timur

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto memastikan bila Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah mulai mempersiapkan jalan untuk mudik lebaran tahun ini. Jalur mudik yang akan dioptimalkan adalah jalan tol agar dapat mengurangi kemacetan.

Ditemui usai rapat kerja di kantor Pemerintah Provinsi Kamis 9 Mei 2019, Emil mengatakan bila dirinya baru saja mengadakan pertemuan dengan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jatim Fattah Jasin beserta perwakilan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

“Iya tadi kita sudah membahas bersama Pak Kadishub Jatim, juga ada dari BPJT. Kita sudah mulai mempersiapkan jalan-jalan mudik guna menghindari kemacetan saat arus mudik lebaran nanti berlangsung,” kata Emil.

Emil menjelaskan bila jalan yang bakal dioptimalkan sebagai jalur mudik tahun 2019 ini adalah jalan tol. Ada sejumlah seksi jalan tol yang sudah siap operasi namun belum beroperasional karena belum diresmikan. Jalan-jalan tersebut rencananya akan dibuka untuk fungsional saat momen mudik lebaran mendatang.

"Persiapan jalan untuk jalur mudik akan difokuskan pada jalan tol. Dalam dua hari ini Kepala BPJT didampingi Kadishub Jatim akan melakukan pengecekan dan assessment untuk Jalan Tol Pandaan Malang,” Ujar Emil.

Emil mengingikan agar akses jalan tol Pandaan-Malang dapat difungsionalkan saat lebaran nanti agar bisa digunakan untuk jalur mudik lebaran nanti.

Namun menurutnya seksi mana yang akan dibuka masih harus menunggu hasil assessment tim tersebut. Apakah akan difungsionalkan hingga Karanglo atau lanjut ke seksi berikutnya.

Sementara untuk jalan tol Pasuruan-Probolinggo seksi Grati hingga Leces saat ini sudah beroperasi. Namun Emil mengkhawatirkan bottleneck yang ada di exit tol Leces.

"Kita sedang cek di exit tol Leces bersama BPJT dan Kadishub agar kita bisa memastikan di exit tol tidak ada bottleneck yang menyebabkan kemacetan,” kata Emil.

Di akhir Emil memastikan Pemprov Jatim bersama pihak dishub akan bekerja semaksimal mungkin guna memastikan jalan-jalan mudik dapat dilewati kendaraan dengan baik dan tidak menimbulkan kemacetan. (faq)

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini