Wagub Jatim Pastikan Stok Bahan Pokok Selama Ramadan Aman

08 May 2019 18:23 Jawa Timur

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak memastikan stok kebutuhan bahan pokok selama Ramadhan di Jatim terpenuhi.

Usai menerima kunjungan Balai Pengaturan Jalan di Ruang Kerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur Rabu 8 Mei 2019, Emil mengatakan jika perkara bahan pokok termasuk bawang putih sudah dibahas dalam rapat Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah.
 
"Beberapa hari lalu kita sudah rapatkan masalah stok bahan pokok termasuk bawang putih bersama TPID. Saat ini tidak hanya di Jawa Timur yang mengalami kenaikan harga, namun daerah lain juga," kata Emil.
 
Emil menambahkan, kapal  pengimpor bawang putih akan sampai di Pelabuhan Tanjung Perak pada tanggal 10 Mei 2019 nanti.
 
Katanya, ada beberapa hambatan yang akan mempengaruhi proses distribusi bawang putih di daerah yang saat ini terkena banjir dampak luapan Teluk Lamong.
 
"Tentu akan ada hambatan bagaimana nanti kontainer masuk ke tempat-tempat yang saat ini terkena banjir seperti Mojokerto dan Gresik. Namun kita upayakan untuk pemerintah daerah turut membantu akses untuk distribusi ini berjalan lancar," kata Emil.
 
Emil menambahkan Pemprov Jatim sudah menggelar kegiatan operasi pasar di beberapa daerah untuk menekan harga kebutuhan bahan pokok yang mulai melonjak di beberapa wilayah.
 
"Kemarin kita sudah menggelar operasi pasar di Kediri, Malang dan Probolinggo. Di Probolinggo sendiri ada 5.000 ton bawang putih untuk operasi pasar," kata Emil. (faq)
Penulis : Faiq Azmi
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini