Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, terkonfirmasi positif Covid-19. (Foto: Dok. Pemprov DKI)
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, terkonfirmasi positif Covid-19. (Foto: Dok. Pemprov DKI)

Wagub DKI Positif Covid-19, Gedung B Balai Kota Ditutup 3 Hari

Ngopibareng.id Nasional 30 November 2020 12:35 WIB

Gedung B Balai Kota DKI Jakarta ditutup untuk sementara. Langkah ini dilakukan setelah Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19). Hal itu diketahui usai Ahmad Riza Patria menjalani dua kali tes swab polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, pada Kamis-Jumat, 26-27 November lalu.

"Iya (Blok B ditutup sementara)," kata pejabat (Pj) Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Sri Haryati saat dihubungi, Senin 30 November 2020.

Namun, Sri tak menjelaskan lebih lanjut mengenai detail penutupan yang dilakukan. Ia hanya membenarkan bahwa penutupan dilakukan selama tiga hari. Aturan ini tercantum dalam Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2020. Dalam Pasal 9 Pergub ini menyatakan bahwa selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung, perusahaan harus membatasi sementara aktivitas bekerja di tempat kerja atau kantor.

Pembatasan dilakukan dengan penghentian sementara aktivitas paling lama tiga hari apabila ditemukan pekerja yang terpapar virus corona. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut peraturan tersebut bukan hanya untuk perusahaan swasta melainkan juga kantor-kantor pemerintahan.

Ahmad Riza Patria terkonfirmasi Covid-19, namun ia mengatakan dalam kondisi yang baik dan sedang melakukan isolasi mandiri. "Alhamdulillah, meskipun hasil testing menunjukkan positif Covid-19, kondisi saya tetap dalam keadaan baik dan terkendali," ujarnya dalam keterangan resmi Pemprov DKI Jakarta, Minggu 29 November 2020.

Berdasarkan hasil dari penelusuran kontak Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria diduga terkonfirmasi positif Covid-19 usai tertular dari salah seorang staf yang sebelumnya tertular dari lingkungan keluarga.

"Jadi temuan positif Covid-19 ini adalah dari lingkungan pekerjaan, di mana ada staf saya yang tertular dari klaster keluarganya. Ini tentu menjadi perhatian kita semua untuk lebih menjaga kedisiplinan protokol kesehatan hingga di dalam keluarga sekalipun," ujar dia.

Ahmad Riza Patria berharap dengan adanya kasus konfirmasi positif Covid-19 ini, warga Jakarta bisa meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Melalui penggunaan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan.

"Mohon doanya agar kita semua dalam kondisi sehat wal'afiat. Jakarta belum terbebas dari pandemi Covid-19. Jangan ragu dan takut untuk mengingatkan protokol 3M. Tetap tingkatkan iman, imun, dan bahkan hingga di lingkup keluarga kita," tutur dia.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Jan 2021 22:49 WIB

Covid Tembus 1 Juta, Menkes: Butuh Tenaga Ekstra Patuh Prokes

Nasional

Masyarakat wajib taati protokol kesehatan (prokes).

26 Jan 2021 22:37 WIB

Anggota Babinsa ini Blusukan Ajak Lansia Senam Sambil Berjemur

Feature

Rela blusukan, anggota TNI AD ini ajak puluhan lansia senam pagi.

26 Jan 2021 22:18 WIB

Kasus Covid-19 Baru Terus Naik, Alun-alun Sidoarjo Ditutup

Jawa Timur

Pemkab Sidoarjo menutup alun-alun dan sejumlah taman serta tempat hiburan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...