Presiden Burundi, Pierre Nkurunziza saat melakukan tugas kenegaraan. foto:gettyimages

Waduh....Presiden Ditackling Saat Main Sepakbola, Dua Pejabat Masuk Penjara

03 Mar 2018 20:06

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Jangan sembarangan jika bermain sepakbola bareng presiden. Jika tak hati-hati bisa bernasib seperti Cyriaque Nkezabahizi dan Michel Mutama. Dua orang pejabat di Kirembia, wilayah Negara Burundi itu dijebloskan ke penjara.

Gara-garanya, keduanya dituding melakukan konspirasi  kekerasaan di atas lapangan, saat bermain sepakbola melawan tim yang diperkuat Presiden Burundi, Pierre Nkurunziza. Burundi sendiri  sebuah negara di Afrika Timur.

Selama ini, Presiden Burundi, Pierre Nkurunziza, dikenal sebagai kepala negara yang gila sepakbola. Tidak hanya nonton tapi juga bertanding. Bahkan Nkurunziza bahkan selalu membawa tim sepakbolanya, Haleluya FC, setiap mengunjungi ke daerah-daerah di Burundi. 

 

Seperti kebiasaan di negara lainnnya, pihak lawan sudah paham jika mereka akan berhadapan dengan klub sang presiden. maka permainan tidak akan terlalu serius. Bahkan terkadang pihak lawan membiarkan Nkurunziza mencetak gol.

 Tapi, yang terjadi pada pertandingan melawan kesebelasan Kiremba berbeda dari biasanya. Menurut laporan AFP, tim Kiremba yang kebanyakan beranggotakan pengungsi dari Kongo. Entah tidak tahu atau mereka sedang bertanding dengan presiden Burundi atau memang sengaja bermain kasar.

 

Yang pasti, dalam pertandingan itu, sang presiden kerap dijatuhkan setiap kali menguasai bola. Atas insiden itu, pemimpin daerah Kiremba, Cyriaque Nkezabahizi, dan asistennya, Michel Mutama, dipenjara pada hari Kamis 1 Maret 2018. Duh...!! (tom)