Tangkap layar cuitan @DivHumasPolri yang sudah dihapus. (Ilustrasi: frd)
Tangkap layar cuitan @DivHumasPolri yang sudah dihapus. (Ilustrasi: frd)

Waduh, Akun Resmi Polri Cuitkan Berita Politik

Ngopibareng.id Politik 24 February 2018 17:35 WIB

Netizen sempat terkaget dengan unggahan dari akun Twitter resmi Divisi Humas Polri @DivHumasPolri. Sebab, melalui akun itu muncul sebuah cuitan yang berisi tautan ke salah satu portal berita yang berisi survei terkait Pemilu 2019.

Namun, yang jadi perhatian adalah konten itu tak seharusnya diunggah oleh akun Twitter resmi Divisi Humas Polri. Karena itu, Divisi Humas Polri pun segera melakukan klarifikasi.

Cuitan itu pun langsung ramai dengan komentar netizen, sebagian dari mereka mempertanyakan kenapa sekaliber akun resmi Humas Polri bisa memposting tautan berita politik.

Tangkap layar cuitan DivHumasPolri yang sudah dihapus Tangkap layar cuitan @DivHumasPolri yang sudah dihapus.

Tak sampai sejam, cuitan itu pun dihapus, lalu muncullah klarifikasi, Divisi Humas Polri memastikan cuitan itu bukan berasal dari pihaknya. Lebih lanjut dijelaskan, Mereka menemukan aktivitas ilegal di akun Twitter-nya tersebut.

"(KLARIFIKASI) Selamat pagi, Mitra Humas. Kami akan melakukan klarifikasi cuitan kami beberapa menit lalu. Bisa dipastikan bahwa tweet tsb adalah BUKAN TWEET RESMI DARI KAMI. Setelah kami melakukan pengecekan mendalam, terdapat aktivitas ilegal yg dilakukan pada akun resmi kami," tulis Divisi Humas Polri.

Menindaklanjuti temuan itu, Divisi Humas Polri juga menyebut akan menelusuri pihak yang bertanggung jawab terhadap cuitan itu.

Melalui cuitan terpisah di akun Twitter-nya, Divisi Humas Polri menyebut kicauan resmi yang dikeluarkan selalu terdapat tanda resmi dan dipublikasikan lewat situs web resmi Polri.

"Sudah kami laporkan pihak yang bertanggung jawab terhadap aktivitas ilegal di akun resmi Twitter kami ke Direktorat Tindak Pidana Kejahatan Siber (Dit Tipidsiber) Bareskrim Polri," tulis Divisi Humas Polri.

Melihat kicauan itu, tak sedikit netizen yang bereaksi. Beberapa di antaranya mengapresiasi tindakan Divisi Humas Polri yang langsung menindakalanjuti. Tapi, ada pula yang menyebut aksi ini mungkin kesalahan dari admin media sosial Divisi Humas Polri. Who Knows? (frd)

Penulis : Farid Rahman

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Oct 2020 08:47 WIB

Tindakan Oknum Aparat saat Demo Jadi Bahan Survei IPI

Nasional

Survei IPI hasilnya mayoritas oknum aparat semena-mena.

25 Oct 2020 09:35 WIB

Gus Nur Jadi Tersangka Ujaran Kebencian Resmi Ditahan

Hukum

Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur ditahan di Rutan Bareskrim Polri.

24 Oct 2020 14:18 WIB

Kuasa Hukum Gus Nur Akan Pelajari Berkas Penangkapan

Nasional

Gus Nur ditangkap Bareskrim Polri

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...