Wakil Bupati Pasuruan foto bersama jajaran Muspida Kabupaten Pasuruan usai upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. (Foto: Dok Humas)

Wabub Pasuruan Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Ngopibareng Pasuruan 02 October 2019 07:30 WIB

Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang di Alun-Alun Bangil, kemarin pagi.

Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron menjadi Inspektur Upacara. Sedangkan pemimpin upacara Danramil Nongkojajar, Kapten Czi Slamet Nurhadi dan Perwira Upacara dipercayakan kepada Danramil Lumbang, Kapten Adil.

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan sebagai Pembaca Ikrar, serta Zamruddin Agung Prabowo, salah staf Pemkab Pasuruan yang menjadi Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945.

Para peserta upacara berasal dari 1 SST Kodim 0819 Pasuruan, Yonkav 8/2 Kostrad, Puslatpur Marinir, Polres Pasuruan, Satpol PP, Linmas, Korpri, dan Pelajar SMA/SMK/MA dan 1 unit Korps Musik Pemkab Pasuruan.

Menurut Mujib, peringatan hari Kesaktian Pancasila dimaknai sebagai upaya untuk memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara serta ideologi bangsa.

"Pancasila memiliki peran penting sebagai Dasar Negara Indonesia untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang meliputi politik, ekonomi, sosial budaya, dan keamanan," katanya.

Pria yang akrab disapa Gus Mujib itu menambahan, momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila saat yang tepat bagi generasi pemuda, untuk merefleksikan tentang makna nilai-nilai kesaktian Pancasila.

Nilai-nilai itulah yang kemudian harus dimaknai sebagai sumber kekuatan dan energi untuk membangun kembali jati diri bangsa, utamanya dengan melakukan perubahan yang lebih baik.

"Pancasila tidak akan sakti dengan sendirinya. Kita harus berjuang menjadikan Pancasila sakti, yaitu Pancasila yang hidup dalam kenyataan. Kesaktian Pancasila harus dimaknai sebagai tuntutan bagi negara dan warganya," katanya. (sumber: www.pasuruankab.go.id)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 May 2020 19:48 WIB

Jelang New Normal, Pemkab Pasuruan Bentuk Desa Kebal Corona

Ngopibareng Pasuruan

Desa Kebal Covid-19 artinya keluarga berdaya lawan covid-19.

26 May 2020 11:00 WIB

1 Positif Corona Warga Pasuruan Adalah OTG Dirawat di Sidoarjo

Ngopibareng Pasuruan

Ia adalah perempuan usia 40 tahun, warga Gempol.

25 May 2020 10:26 WIB

3 Kasus Baru Covid-19 di Pasuruan Kiriman dari Daerah PSBB

Ngopibareng Pasuruan

Tiga warga Pasuruan itu kiriman dari Surabaya, Sidoarjo, dan Malang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.