Wabah Virus Corona Dikaitkan dengan Isu Muslim Uighur

26 Jan 2020 10:44 Nasional

Pemerintah Tiongkok telah mengambil kebijakan dengan mengisolasi alias mengarantina Kota Wuhan yang disebut-sebut menjadi tempat awal perkembangan virus corona. Akses menuju dan keluar dari Wuhan pun dibatasi.

Namun wabah virus Corona ini rupanya ditanggapi berbeda oleh segelintir netizen. Mereka mengaitkan fenomena ini dengan isu Muslim Uighur.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu Indonesia kerap mengecam Tiongkok yang dikabarkan bertindak semena-mena terhadap kaum muslim Uighur. Kaum minoritas itu dikabarkan menerima tindak kekerasan, yang belakangan terus dibantah oleh otoritas setempat.

Sejumlah pihak pun menganggap wabah virus Corona ini merupakan balasan atas tindakan semena-mena pemerintah Tiongkok itu. Bahkan demi menguatkan asumsi mereka, ada netizen yang melampirkan video gerombolan masyarakat Tiongkok yang tampak tergopoh-gopoh berlari sembari membawa koper.

"China. Kepanikan luar biasa orang2 china akibat #VirusCorona," tulis @27Audio.
"Ini hanya sedikit balasan dari Allah didunia ini akibat China memusuhi islam," sambung dia.

Cuitan itu pun langsung menuai beragam tanggapan dari netizen lain. Kompak mereka mengecam cuitan warganet itu karena dinilai tak sesuai konteks. Pasalnya video yang dilampirkan itu merupakan rekaman saat warga Tiongkok mengejar transportasi publik untuk keperluan mudik.

"Kelakuan lo sebagai umat yg bikin framing dan berita2 hoax kaya gini. Itu tdk lbh dari sekedar cuplikan kegiatan mudik warga negara, di sebuah stasiun kereta api menjelang Imlek. Percuma lo beragama tp kelakuan ky binatang," cuit @DE*****12.

"Nahhh kan to*** nya bertambah , udah cocoklogi, itu video nya juga bukan karna kasus corona , pengen terlihat pintar tapi nyatanya BODOH," imbuh @Gin*****ah.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini