Lingkungan kampus Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur (Foto: istimewa)

Wabah Corona, UB Lakukan Kuliah Online dan Tiadakan Wisuda

Pojok Unibraw 16 March 2020 10:38 WIB

Merespon wabah Virus Corona atau Covid-19 yang sudah mulai menjangkiti wilayah di Indonesia, Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur memutuskan untuk membatasi kegiatan yang melibatkan keramaian di sekitar kampus.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Rektor UB, Nuhfil Hanani, mulai dari kegiatan perkuliahan, Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan secara daring atau melalui online, yang berlaku sejak Senin 16 Maret 2020, hari ini.

"Bimbingan tugas akhir atau tugas praktikum juga diupayakan secara daring," terang Nuhfil dalam rilis yang diterima Ngopibareng.id, pada Senin 16 Maret 2020.

Selain itu kuliah kerja lapangan, magang atau bentuk praktik lapangan lainnya diupayakan berada di Malang Raya dan daerah lain yang tidak dalam transmisi lokal Covid-19.

"Menghindari kontak fisik secara langsung, erat dan dekat seperti berjabat tangan, cium tangan, berpelukan dan sebagainya," tutur Nuhfil.

Selain itu, UB juga tidak melakukan prosesi wisuda pada Sabtu 28 Maret 2020 mendatang untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus.

"Untuk sementara wisuda diganti dengan pengambilan ijazah," ujar Nuhfil.

Nuhfil menerangkan, pengambilan ijazah dilakukan di fakultas masing-masing mulai tanggal 27 Maret 2020 sampai 10 April 2020 pada jam kerja.

"Acara prosesi wisuda akan diadakan menunggu informasi lebih lanjut," terang Nuhfil.

Nuhfil juga meminta seluruh civitas akademika UB melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan cara selalu menerapkan pola hidup bersih.

"Juga melakukan pembersihan ruang kerja, area dan fasilitas publik secara rutin dengan larutan alkohol 70 persen dan kepada memberikan fasilitas kebersihan seperti sabun serta handsanitizer," tutupnya.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Jun 2020 13:55 WIB

Terapkan New Normal, Pedagang Pasar Manyar Dipuji Khofifah

Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sidak ke Gresik.

04 Jun 2020 13:38 WIB

Partai Gelora Siap Ikut Pemilu 2024

Politik

Sudah Dapat SK Pemerintah, Partai Gelora siap ikut pemilu 2024

04 Jun 2020 13:35 WIB

Sembuh dari Covid, 20 Nakes RS Unair Kembali Bekerja

Kesehatan

Sudah Negatif, Nakes RS Unair yang Terpapar Covid Kembali Bekerja

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...