Wabah viris corona di Korea Selatan, Singapura, dan Iran tak diketahui sebabnya. (Foto:bbc.com)

Wabah Corona di Tiga Negara Ini Tak Diketahui Sebabnya

Internasional 23 February 2020 11:03 WIB

Wabah virus corona menjangkit di beberapa negara di luar China tanpa diketahui penyebab pastinya. Sejumlah kasus muncul tanpa memiliki kaitan berkontak dengan pasien terinfeksi lainnya atau memiliki riwayat bepergian ke China. Meski jumlahnya relatif kecil jika dibanding China, namun badan kesehatan dunia WHO resah dengan fenomena itu.

Penyebaran virus corona di Iran kini telah menewaskan enam korban. Awalnya virus corona diduga muncul dari Kota Qom. Namun hingga saat ini belum diketahui apa penyebab virus itu muncul di Kota Qom. Terdapat 28 kasus hingga Sabtu 22 Februari 2020.

Para ahli menduga jumlah pasien yang terinfeksi di Iran lebih banyak dibanding yang terdeteksi. Dugaan ini muncul mengikuti kasus corona di Kanada dan Libanon yang berkaitan dengan Iran.

Hal serupa juga terjadi di Singapura. Terdapat 85 kasus yang tak memiliki kaitan dengan pasien sebelumnya. Juga ratusan kasus di Korea Selatan yang berkaitan dengan gereja kontroversial dan tersebar di fasilitas rumah sakit jiwa.

Pimpinan WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan keresahannya pada kasus yang muncul tanpa memiliki kaitan dengan kasus sebelumnya, di mana pasien tak pernah melakukan kontak dengan pasien terinfeksi lainnya, dan tidak bepergian ke China.

“Meski jumlah kasus Covid-19 di luar China relatif kecil, kami khawatir dengan jumlah kasus yang muncul tanpa memiliki kaitan epidemiologikal yang jelas,” katanya.

Sebagian pasien yang menderita virus corona mengalami gejala yang tak terlihat sehingga susah untuk dilacak. Sedangkan tingkat fatalitas atau kematian rata-rata mencapai 2 persen menurut data dari China, diterjemahkan dari The Guardian.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Apr 2020 17:38 WIB

Cari Jerami dan Rumput , Dua Warga Jombang Tersambar Petir

Jawa Timur

Awas bahaya petir di tengah ladang.

06 Apr 2020 17:26 WIB

6 Fakta Pantai Timur Amerika Serikat Jadi Sarang Corona

Internasional

Sebanyak 9.618 menjadi korban virus corona di Amerika Serikat.

06 Apr 2020 17:20 WIB

Muhammad Syarifuddin Terpilih Jadi Ketua Mahkamah Agung

Pemerintahan

Muhammad Syarifuddin terpilih jadi Ketua Mahkamah Agung, hari ini.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.