Penyemprotan disinfektan oleh PDI Perjuangan Kota Surabaya. (Foto: Adi Sutarwijono/Ngopibareng.id)

Wabah Corona di Surabaya, PDIP Semprot Disinfektan Sejak Sabtu

Surabaya 24 March 2020 03:21 WIB

PDI Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya membantu warga Surabaya, untuk mencegah penyebaran virus corona. Salah satu tindakan yang dilakukan oleh PDIP Kota Surabaya adalah dengan melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat ibadah lintas agama. Mulai dari masjid, musholla, gereja, hingga pura.

Penyemprotan tersebut sudah dilakukan oleh kader-kader PDIP Kota Surabaya sejak Kamis 19 Maret 2020. Dimulai dari masjid dan mushola di daerah Rungkut, di Kelurahan Kedungbaruk, di Mushala Al-Mustaqim Jalan Kedung Asem, dan juga di Masjid Assalafiyah dan sejumlah mushola dan beberapa Balai RW di wilayah Rungkut dan Sekitarnya.

“Bukan hanya tempat ibadah, kami juga menyemprotkan disinfektan di  Kantor Majelis Wilayah Cabang (MWC) NU Kecamatan Rungkut. Kegiatan ini akan terus bergerak ke tempat-tempat lain di sekitar sini,” Andhy Puryanto, Ketua PAC PDIP Rungkut.

Setelah di daerah Rungkut, PDIP kota Surabaya melakukan penyemprotan di Pura Candi Cemara Agung di Sambikerep pada Sabtu 21 Maret 2020. Tim PDIP didampingi langsung oleh Petinggi Pura Candi Cemara Agung, I Wayan Wirya dan Brahmana Pura Mangku Nengah Wijanarko. Tim PDIP menyemprot disinfektan di aula dan tempat persembahyangan Pura Candi Cemara Agung.

Menurut Wakil Ketua DPC PDIP Kota Surabaya Agatha Retnosari, penyemprotan disinfektan di Pura Candi Cemara Agung, merupakan bagian dari program PDIP Kota Surabaya yakni Suroboyo Wani Sehat.

“Jadi kami menyemprot disinfektan di Pura karena kebetulan sebentar lagi adalah peringatan Hari Raya Nyepi, yang diperingati saudara-saudara kita umat Hindhu. Sehingga akan nyaman saat melakukan ibadah. Dengan kemampuan yang ada, kami akan terus bekerja, bertindak nyata, untuk membantu pemerintah menangani Covid-19. Kami mau meringankan persoalan masyarakat,” kata Agatha.

Bukan hanya di Rungkut dan Pura Candi Cemara Agung, PDIP Kota Surabaya juga melakukan penyemprotan disinfektan di Gereja Katolik Santa Stefanis Tander, Gereja Kristen Abdiel Elyon, dan juga Masjid At-Tauhid Simomulyo.

Sementara itu, menurut Ketua DPC PDIP kota Surabaya Adi Sutarwjiono saat dikonfirmasi oleh Ngopibareng.id, Senin 23 Maret 2020 mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk membantu Pemkot Surabaya yang sudah dan sedang melakukan pencegahan dan penanganan virus Covid-19 di Kota Surabaya. Bahkan menurutnya, hingga hari ini Tim PDIP Kota Surabaya juga melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat. Seperti di Nginden Jangkungan, Bongkaran, hingga Rungkut.

Awi sapaan akrab Adi Sutarwijono mengaku bahwa penyemprotan ini akan terus dilakukan oleh tim PDI Perjuangan Kota Surabaya, hingga situasi dan kondisi Kota Surabaya sudah aman dari virus Covid-19.

“Kami utamakan tempat-tempat ibadah. Tapi tidak dalam skala besar. Kalau skala besar, kami arahkan ke Pemkot Surabaya untuk penyemprotannya. Kami akan lakukan sampai Sampai situasinya mereda,” kata Awi.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Jun 2020 14:55 WIB

Ini Tiga Syarat Penerapan New Normal dari Wapres Ma'ruf Amin

Nasional

Tiga syarat penerapan new normal.

04 Jun 2020 14:47 WIB

Kotak Pandora Telah Terbuka, Cek untuk Walikota Surabaya ke Depan

Arif Afandi

Apa saja PR Walikota baru Surabaya paska pandemi Covid-19?

04 Jun 2020 14:30 WIB

Pipa PDAM Bocor, DPRD Surabaya Gugat PT Adhi Karya

Surabaya

Pipa PDAM bocor, gugatan PT Adhi Karya sudah masuk pengadilan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...