Singapura bacakan vonis mati lewat Zoom. (Ilustrasi/Zoom)

Vonis Hukuman Mati Lewat Zoom, Singapura Tuai Kecaman

Aplikasi 21 May 2020 04:31 WIB

Singapura membacakan vonis hukuman mati jarak jauh pertama kali, dengan menggunakan aplikasi video call Zoom. Tindakan yang dilakukan akibat lockdown yang diterapkan untuk menekan kasus covid-19 itu, menuai kecaman.

adalah Punithan Genazan, usia 37 tahun, divonis hukuman mati pada Jumat akibat perannya sebagai bandar nakorba pada tahun 2011.

"Untuk keamanan semua yang terlibat dalam proses, pembacaan tuntutan dari jaksa penuntut umum dilakukan melalui video conference," kata juru bicara pengadilan tinggi Singapura, pada Reuters. Pengacara Genasan, Peter Fernando, mengatakan kliennya akan mengajukan banding.

Singapura sendiri menerapkan nol toleransi atas obat terlarang. Pada tahun 2013, 18 orang menjalani hukuman mati. Jumlah itu menjadi yang terbesar menurut Amnesty International, dalam dua dekade terakhir. 11 di antara 18 tahanan yang dihukum mati, duhukum karena berkaitan dengan pelanggaran obat-obatan terlarang.

Hukuman yang dibacakan lewat aplikasi Zoom menurut jurnalis dan aktivis Singapura, Kirsten Han, berpotensi merampas hak keluarga terdakwa untuk bertemu dan memegang tangan terdakwa, di ruang persidangan.

Amnesty International mengatakan jika vonis itu menggambarkan sikap Singapura yang konsisten mengabaikan standar hukum internasional dengan menerapkan hukuman mati pada kasus narkoba.

"Pada masa ketika dunia fokus untuk menyelamatkan nyawa dalam pandemi, penggunaan hukuman mati adalah sangat mengerikan," tulisnya.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 May 2020 01:15 WIB

Berawal Lupa Ultah Pernikahan, Lee Dong Gun dan Jo Yoon Hee Cerai

ngopiK-pop

Jo Yoon Hee telah mengurus perceraiannya dengan Lee Dong Gun.

29 May 2020 01:00 WIB

DPRD Jatim Dukung Penerapan New Normal

Jawa Timur

"Hidup berdampingan dengan corona" harus siap new normal.

29 May 2020 00:46 WIB

Risma Paparkan LKPJ 2019 di DPRD Kota Surabaya

Surabaya

Risma menjelaskan berbagai program yang telah dijalankan pada 2019.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.