Vokalis Base Jam Pamit, Ingin Memperdalam Agama

02 Oct 2019 01:01 Musik

Usai sudah kebersamaan Adon Saptowo bersama Base Jam. Sang vokalis memutuskan untuk pamit dari band yang sudah membesarkan namanya.

Adon mengumumkan pengunduran dirinya dari Base Jam lewat Instagram, @adonsaptowo. Hal itu ia lakukan setelah menjadi vokalis selama 25 tahun.

Adon mengungkapkan pergulatan hatinya saat hendak memutuskan mundur dari Base Jam. Bagi Adon, 25 tahun bukan waktu yang singkat untuk menutup kenangan manis bersama band yang membesarkan namanya tersebut.

"My New Journey. Hari ini perjalanan baru dimulai. Aku mengundurkan diri dari Base Jam, band yang aku cintai segenap hatiku untuk merajut kisah yang baru. Tak terasa sudah 25 tahun kita lewati bersama dalam persahabatan, karya dan panggung. Sepertinya baru kemarin timbul niat dan kebingungan mencari nama band hingga di kala senja kita sepakat yang terbaik adalah base jam," tulis Adon Base Jam.

Dalam surat perpisahan 10 lembar itu, Adon mengenang beberapa momen indahnya bersama Base Jam. Pencetak hit Bukan Pujangga ini juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para penggemar yang selalu mendukungnya.

Di satu sisi, Adon bersyukur dapat memantapkan hati untuk menempuh jalan baru dalam hidupnya. Adon berharap pisah jalannya dengan Base Jam ini merupakan yang terbaik untuk semua pihak.

"Aku bersyikur pada Mu Tuhan untuk jalan yang baru, aku siap melangkah bersama Mu dan aku percaya setiap kata Mu," ia mengakhiri.

Dalam surat tersebut, Adon menandai akun Instagram basejamofficial, onifathoni, aisnandar, sita1612, dan alvin1kurniawan.

Menurut gitaris sekaligus manager Base Jam, Aris, alasan Adon keluar dari grup musik yang telah membesarkan namanya itu adalah karena ia hendak memperdalam agama.

"Ya benar, Adon resign (keluar) dari Base Jam. Resminya baru hari Minggu (29 September 2019). Istilahnya mungkin hijrah. Dia katanya mau konsentrasi di pelayanan gerejanya," ujarnya.

Menurut Aris, keputusan Adon telah melalui diskusi panjang. Hal itu telah disetujui oleh anggota lainnya. Maka tak ada alasan bagi Base Jam untuk menghentikan keputusan Adon.

Dengan pembicaraan panjang tersebut, Adon telah menyelesaikan segala tanggung jawabnya. Pihak Base Jam sudah menginfokan ke penyelenggara acara yang telah mengontrak Base Jam perihal kepergian Adon.

"Kami memang sudah sempat membicarakan pada orang-orang yang mengkontrak kami, terutama yang off air ya. Kami sudah infokan kalau dalam beberapa show terakhir, Adon memang sudah tidak ikut tampil," kata Aris.

Sedikit mengingat, Base Jam merupakan grup musik yang terbentuk pada 15 Januari 1994. Awalnya band itu beranggotakan Adon Saptowo, Sigit Wardana, Adnil Faisal, Ardi Aris Isnandar, Bambang BS Sutanto, Intan Anya Putri Werdindu dan Ardhini Sita Citrasari.

Seiring berjalannya waktu, Adnil, Anya, Coki Sigit, Bambang dan Wally keluar.
Base Jam melejit di tahun ‘90-an. Mereka menghasilkan beberapa hits yang dikenang sampai sekarang. Beberapa di antaranya Bukan Pujangga dan Bermimpi.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini