Viral Video Surat Suara 01 Tercoblos, Begini Tanggapan Bawaslu

18 Apr 2019 11:06 Politik

Beredar tayangan video yang memperlihatkan sekelompok orang sedang mencoblos kertas surat suara secara diam-diam. Bagian yang dicoblos adalah surat suara calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin.

Terlihat dalam video, pelaku membuka kertas surat suara pemilihan presiden, kemudian dengan cepat mencoblos nomor urut 01. Kemudian melipatnya kembali.

Video itu viral beredar di grup-grup WhatsApp. Beredar masif beberapa jam selepas penyelenggaraan pemilihan presiden pada Rabu 17 April 2019. Video ini beredar luas melalui pesan berantai di WhatsApp grup baik grup pendukung Jokowi-Amin, pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Belum diketahui lokasi pengambilan video ini. Namun jika didengarkan secara seksama, video ada suara orang yang sedang berbicara dengan logat Madura.

Beredarnya tayangan ini direspon oleh Bawaslu Jawa Timur. Bawaslu mengaku akan melakukan pencarian fakta agar tidak menjadi informasi hoax.

"Ini kami juga baru dapat videonya. Ini akan kami selidiki dan investigasi terkait video ini. Apabila ada kebenaran, kan ada proses hukum yang bisa dijalankan," ujar Purnomo Satriyo Pringgodigdo, anggota Bawaslu Jatim.

Ia juga berharap masyarakat untuk tidak percaya terlebih dahulu sebelum ada jawaban dan informasi dari KPU maupun Bawaslu di pusat dan daerah. (alf)

Reporter/Penulis : Alief Sambogo
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini