Panorama Gunung Bromo Ada di Toilet Bandara Juanda Surabaya

27 Mar 2019 22:15 Transportasi

Toilet Bandara Internasional Juanda mendadak viral di media sosial setelah dua penumpang asal Malaysia merekam toilet yang ada di Terminal 2.

Dua penumpang penerbangan Internasional ini tak menyia-nyiakan momen indah itu dengan merekam video ruangan toilet untuk laki-laki yang berdekorasi gambar tiga dimensi (3D) wisata ikon Jawa Timur yakni Gubung Bromo.

Tampilan gambar pemandangan kawasan wisata yang berada di Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang ini menghiasi dinding dan lantai ruangan berukuran 4x8 meter.

Begitu pula dengan toilet untuk perempuan, dinding dan lantainya dihiasi gambar panorama indahnya Air Terjun Toroan yang berada di Kabupaten Sumenep.

"Indah dan sangat bagus. Seakan-akan kita berada di alam yang sesungguhnya," kata Yuanita, salah satu penumpang asal Malang saat bertemu ngopibareng.id.

Keindahan toilet bandara Juanda ini membuat daya tarik penumpang. Mendadak toilet itu menjadi ajang berswafoto para penumpang dan pengunjung.

Bahkan, pengunjung rela datang ke Juanda untuk melihat keindahan toilet dan hanya sekedar ingin berswafoto. Vira, salah satu pengunjung asal Mojokerto nekad berkunjung ke Bandara Juanda Surabaya hanya untuk berswafoto di toilet ini. Bukan untuk berpergian.

"Awalnya saya mengunjungi saudara di Surabaya, lalu saya lihat di Instagram kok ada video viral ini. Akhirnya mampirlah saya ke sini mumpung di Surabaya,” katanya.

Tidak banyak penumpang yang mengetahui toilet bergambar tiga dimensi lokasi wisata di Jatim ini. Bahkan penumpang yang langganan rutin bepergian melalui Bandara Juanda justru baru tahu dari media sosial.

Pemandangan Air Terjun Toroan Sampang yang berada di toilet untuk perempuan Bandara Juanda
Pemandangan Air Terjun Toroan, Sampang yang berada di toilet untuk perempuan Bandara Juanda.

Tang Mein Wah, penumpang asal Hongkong mengatakan baru pertama kali melihat keindahan toilet ini. Padahal dia rutin naik pesawat Surabaya - Hongkong PP melalui Bandara Juanda.

"Jarang masuk toilet ini karena memang letaknya berada di pojok dekat dengan pintu kedatangan. Tapi begitu melihat indah dan fantastik," katanya.

Yuristo Ardi Hanggoro, juru bicara PT Angkasa Pura I mengatakan alasan mempercantik toilet dengan pemandangan tiga dimensi ini karena ingin memberi kesan yang berbeda kepada para penumpang.

"Kami bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan wisata-wisata yang ada di Jawa Timur agar lebih dikenal hingga ke mancanegara. Selain itu juga supaya para penumpang ini merasa nyaman," katanya saat dihubungi ngopibareng.id.

Lanjut Yuristo, toilet viral ini sebenarnya selesai didesain sejak Desember 2018 lalu. Namun tak banyak para pengunjung yang tahu.

"Banyak yang belum tahu. Karena memang masih baru. Ya 3-4 bulan ini. Mereka justru banyak tahu dari video-video yang beredar di media sosial," katanya.

Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo yang beroperasi sejak tahun 2014 ini memang lebih banyak melayani penerbangan Internasional.

Untuk penerbangan domestik memang banyak dilakukan di Terminal 1. Tetapi ada juga maskapai yang melayani rute domestik melalui Bandara Juanda Terminal 2 yaitu maskapai Garuda Indonesia, namun intensitasnya tidak sebanyak di terminal 1. (faq)

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini