Viral Spanduk Kampanye Anak Jokowi Calon Wali Kota Solo

21 Sep 2019 17:13 Human Interest

Isu pencalonan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo perode 2020-2025 kembali kencang berembus.

Ayah Jan Ethes itu kedapatan menemui Wali Kota sekaligus Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, pada 18 September 2019.

Isu ini berkembang begitu cepat, pasalnya spanduk kampanye Gibran diketahui sudah terpampang di jalanan. Hal ini terlihat dari unggahan sang adik, Kaesang Pangarep di akun Twitter-nya. Informasi menyebut spanduk itu dipasang di depan Rumah Sakit dr Oen, Solo.

Kaesang Pangarep tampak mengunggah sebuah foto yang menunjukkan spanduk kampanye kakaknya. "Gibran Rakabuming Raka. Solo. Masa Depan Kita," demikian isi spanduk tersebut.

Menariknya, Kaesang Pangarep tak memberi banyak komentar. Ia hanya tertawa menanggapi spanduk tersebut. "Wkwkwkwkwkwkw," cuit Kaesang.

Sontak unggahannya ini menuai perhatian banyak warganet. Baru beberapa jam berlalu, cuitan Kaesang sudah mendapat lebih dari empat ribu likes.

Twitter Kaesang Pangarep
Twitter Kaesang Pangarep.

Untuk diketahui, hasil survei dari Universitas Slamet Riyadi (Unisri) menyatakan Gibran dan Kaesang Pangarep berpotensi menjadi Wali Kota Solo.

"Ini sesuai dengan hasil survei yang kami lakukan. (Dalam kategori popularitas) dari total jumlah responden, 90 persennya mengenal Gibran," ujar Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Unisri, Suwardi, pada 25 Juli 2019.

Isu ini sempat redup hingga mendadak kembali kencang berembus pasca Gibran kedapatan mengunjungi rumah dinas Wali Kota sekaligus Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, pada 18 September lalu.

Pertemuan itu, jelas Rudy, digelar lantaran Gibran hendak menanyakan syarat menjadi wali kota.

Kendati demikian, Gibran masih membantah isu pencalonannya sebagai orang nomor satu di Solo. Menurutnya pertemuan itu hanya silaturahmi biasa tanpa pembicaraan bernuansa politik.

Namun dalam kesempatan itu ia menegaskan bahwa Solo membutuhkan sentuhan anak muda.