Tangkapan layar

Viral Profesor Hukum Berikan Kuliah 'Gratis' ke Polantas

Surabaya 19 July 2019 14:15 WIB

Seorang profesor hukum di Surabaya mendadak menjadi viral di media sosial. Gara-garanya, sang profesor ini dia hendak ditilang seorang petugas polisi lalu lintas di sekitar Jalan Jemursari Surabaya. Pria paruh baya yang mengaku sebagai profesor hukum ini diduga hendak ditilang oleh polisi karena dianggap melanggar.

Namun saat akan ditilang, profesor ini menolak. Alasannya, tak ada rambu yang dilanggar. Dia kemudian mengajak polisi untuk membaca bersama rambu lalu-lintas tersebut.

Dalam video itu tampak, pria paruh baya yang masih memakai jas hitam ini, kemudian menerangkan soal arti rambu yang terpasang di Jalan Jemursari Surabaya. Dalam rambu itu memamg tampak ada tanda boleh untuk berputar, sedangkan di bawahnya tertera keterangan roda dua kembali ikuti isyarat.

"Mana yang menerangkan roda empat tak boleh putar? Mana dasar hukumnya? Walau pun Anda penegak hukum, Anda harusnya tahu apa artinya," bentak sang profesor tersebut kepada petugas dengan emosi.

Sang polisi yang ditantang berdebat soal dasar hukum ini pun tak bisa berbicara banyak. Dia kemudian hanya mendengarkan alasan yang dikemukakan oleh profesor. Video ini menjadi viral sejak Rabu kemarin.

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Mar 2020 10:28 WIB

Pemkot Timbun Masker di Kelurahan, Lurah Bingung Jumlah Terbatas

Surabaya

Risma hanya obral janji akan bagikan masker ke warga Surabaya.

30 Mar 2020 09:40 WIB

Dewan Pertanyakan Pembagian Telur dari Pemkot Surabaya

Pemerintahan

Distribusi telur untuk tangkal virus corona jadi sorotan DPRD Kota Surabaya

29 Mar 2020 22:48 WIB

Guru Besar Unair: Disinfektan di Bilik Sterilisasi Pemkot Aman

Surabaya

Masyarakat tak perlu ragu lagi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.