Viral video pocong ikut jaga desa (Foto: Instagram @coppamagz)

Ada Pocong Ikut Jaga, Agar Warga Takut Keluar Rumah

Nasional 02 April 2020 10:56 WIB

Kreativitas warga Indonesia memang tidak ada habisnya. Bahkan di tengah pandemik corona. Contohnya yang terjadi pada Selasa 31 Maret 2020 kemarin, ada gerobak ojol terapkan social distancing di Surabaya.

Selain Surabaya, warga desa Purworejo, Jawa Tengah pun punya cara unik tapi menyeramkan. Yakni dengan menghadirkan pocong.Terlihat dua orang pocong berjaga di gapura desa.

Namun, keduanya bukanlah pocong betulan. Mereka adalah warga yang menggunakan kostum pocong. Menurut Angko, tokoh masyarakat di Dusun Tuk Songo, pocong bertujuan mengingatkan warga akan kematian. Khususnya untuk mereka yang bandel bepergian dan tidak melakukan social distancing.

Pemberitaan pocong ini hingga disorot tiga media di Korea Selatan. Antara lain SBS.co.kr, TV MBC dan JTBC.

Media SBS.co.kr memberi judul Pencegahan Covid-19, Desa di Indonesia Sampai Dijaga Hantu Pocong. Namun, karena di Korea tidak ada hantu pocong, SBS memberi gambaran agar memudahkan para pembacanya seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Dalam Islam muslim orang yang harus dikafani. Kain kafan diikat dari atas hingga bawah dengan mengikat enam tempat dari kepala hingga kaki. Jenazah yang sudah memakai kain kafan disebut pocong.

Selain itu, sebelum dimakamkan tali harus dilepas. Jika tidak, mitos yang tak benar menyebut jiwanya akan gentayangan dan menjadi setan. SBS pun menambahkan kutipan dari penulis Bae Dong Soon. Menurutnya hantu pocong di Indonesia itu unik.

“(Pocong) dianggap bisa teleportasi dan terbang. Orang Indonesia takut dengan pocong. Jadi tampaknya dengan adanya pocong itu, orang-orang itu jadi takut untuk keluar,” katanya.

TV MBC juga memberitakan hal yang sama. Hal tersebut terlihat di laman Instagram @coppamag

Dalam video yang diunggah terlihat pocong menakuti warga yang bergerombol. Tak pelak banyak warga lari ketakutan dan kembali ke rumah.

Video yang diunggah 19 jam yang lalu ditonton 184.032 viewer dan mendapat 2.826 komentar. Komentar warganet pun beragam. Ada yang geli dengan penyebutan pocong menjadi pocongie. Di antara komentarnya

@evaryani3_, “Perkara pocong-ie ae ngakak aing mah”

@azlianurinar, “Annyeong haseyo pocongie imnida”

@coppamagz, “Pocongie, emoji orang menangis. Kenapa di Korea malas gemes, emoji orang menangis”

@lilinjennerr, “Pocong aja udah debut di Korea, kamu kapan?”

Di sisi lain, Youtuber Korea, Reomit pun tak mau ketinggalan. Dia membacakan komentar netizen Korea dan Indonesia. Salah satu komentarnya “Ayo tuyul, genderuwo, kuntilanak, dan sebagainya gak mau nyusul pocong debut di Korea?”

Penulis : M. Rizqi

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Jun 2020 16:05 WIB

Lirik Chord Terjemah dan 4 Fakta Lagu Proliman Joyo Denny Caknan

Musik

Denny Cak Nan kembali merilis lagu baru berjudul Proliman Joyo (Madiun).

03 Jun 2020 15:40 WIB

Viral Ajakan Tolak Rapid Test Massal, Ini Jawaban Dokter

Kesehatan

Idealnya satu pasien memang pakai satu APD.

03 Jun 2020 15:13 WIB

Inilah 12 BUMN yang Digerojok Dana Rp 52,57 Triliun

Ekonomi dan Bisnis

Pemerintah gerojok dana Rp 52,57 triliun kepada 12 BUMN.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...