Kalung anti virus corona. Nagita Slavina atau yang akrab disapa Gigi terlihat memakai kalung tersebut. (Foto: Instagram Armand Maulana)

Viral Kalung Anti Virus Corona

Nasional 01 April 2020 18:16 WIB

Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat agar tidak terpapar virus corona atau Covid-19. Belakangan, tengah  heboh penggunaan 'kalung kesehatan' yang diklaim sebagai antivirus.

Kalung bernama Toamit Virus Shut Out ini disebut bisa menangkal virus corona. Kalung ini diproduksi di Jepang dan telah dijual di beberapa negara di Asia.

Cara penggunaannya sederhana, yaitu hanya digantungkan di leher, maka bakteri dan virus tidak akan bisa menyerang tubuh.

"ORIGINAL JAPAN 1000%. Produk yang lagi booming di Jepang. Dipakai di leher seperti pakai lanyard/tag, ampuh mengusir virus selama 30 hari. Melindungi virus dari jarak 1-2m . COCOK U/ ANAK” maupun DEWASA," demikian iklan kalung tersebut.

Dilihat dari situs toko online asal jepang Japanesbeauty.com, disebutkan bahwa ECOM Air Mask ES-020 merupakan alat desinfektan dan penghilang bau portabel yang diformulasikan dengan klorin dioksida yang diklaim mampu membunuh virus dan bakteri dengan efek disinfektan dan sterilisasi dalam jarak 1-2 meter.

Dalam keterangan spesifikasi barang, kalung anti virus berbahan utama generator klorin dioksida (natrium klorit, zeolit ‚Äč‚Äčalami).

Ukuran kalung buatan Jepang itu sekitar (W) 55 mm x (H) 80 mm x (D) 5 mm (tidak termasuk tali leher).

Namun, tidak ada yang dapat memastikan apakah kalung tersebut benar-benar bisa menangkal virus, namun dalam deskripsi produk dijelaskan bahwa untuk mejaga kebersihan diri, rutin cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, dan batasi interaksi dengan orang lain dulu.

Kalung tersebut dijual di lapak online shop kisaran harganya Rp 220.000-Rp 250.000.

Ayu Ting Ting dan putrinya Bilqis juga memakai kalus Shut Out Foto InstagramAyu Ting Ting dan putrinya, Bilqis juga memakai kalus Shut Out. (Foto: Instagram)

Benda ini seketika viral lantaran sejumlah artis turut menggunakannya. Nagita Slavina atau akran disapa Gigi mencuri perhatian saat mengenakan kalung tersebut. Gigi terlihat mengenakan kalung itu saat pose bersama grup band Gigi. Dia sempat duet bareng vokalis Gigi, Armand Maulana, saat konser ulang tahun Gigi 'Satu Janji Gigi' di Balai Sarbini, Jakarta, pada 19 Maret 2020.

Bahkan putra Gigi dan Raffi Ahmad, Rafathar juga diberi kalung tersebut saat menghadiri sebuah acara di sebuah stasiun televisi.

Pendangdut Ayu Ting Ting dan putrinya, Bilqis Khumairah Razak juga turut menggunakan kalung yang sama seperti yang dikenakan Gigi.

Begitu juga dengan keluarga The Onsu. Meski tak memperlihatkan secara gamblang, Sarwendah, istri Ruben Onsu tampak mengenakan kalung warna biru di balik dasternya.

Viralnya kalung penangkal virus yang bernama virus shout out ini sontak membuat netizen ingin memilikinya juga.

Produk ini sebenarnya berbahaya. Vietnam dan Thailand telah melarang penjualan kalung ini di negaranya. Situs eBay juga sudah melarang produk ini dijual di situsnya.

Amerika Serikat juga sudah melarang penggunaannya karena belum terdaftar dan teruji.

"EPA (Environmental Protection Agency atau Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat) tidak akan menolerir perusahaan penjual disinfektan ilegal dan yang membuat klaim-klaim kesehatan publik sesat atau palsu selama krisis pandemik seperti sekarang," bunyi pernyataan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat.

Kalung tersebut mengandung chlorine dioxide yang merupakan salah satu bahan disinfektan. Namun, disinfektan ini tidak ada gunanya jika hanya digantungkan di leher.

Jika kalung ini memang terbukti ampuh, maka tim medis tidak perlu lagi menggunakan alat pelindung diri (APD) berlapis untuk mencegah terpapar virus corona.

Pemerintah bahkan tak segan mengingatkan masyarakat untuk menerapkan social distancing, physical distancing, gaya hidup sehat, berjemur selama 10 menit, rutin membersihkan tangan, dan jika memungkinkan melakukan isolasi diri.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

12 Aug 2020 23:00 WIB

Boneka Baru BTS sudah Bisa Dipesan di Aplikasi Digital

ngopiK-pop

ARMY, fans BTS, di Indonesia sudah bisa pesan boneka terbaru BTS.

12 Aug 2020 22:35 WIB

Satu Tenaga Kesehatan di Banyuwangi Terpapar Covid-19

Jawa Timur

Terdapat tambahan tujuh kasus Covid-19 baru di Banyuwangi.

12 Aug 2020 22:15 WIB

Surabaya Zona Orange, Pemkot Tak Ingin Longgarkan Protokol Covid

Surabaya

Pemkot Surabaya tetap mengimbau masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...