Viral: Foto Gus Dur Bersama Jokowi di Status FB Blontank Poer

01 May 2019 00:20 Politik

Baru 4 jam foto Gus Dur dan Jokowi berbaju batik warna coklat mewarnai timeline sosial media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Wag, dan status WA para pecinta Gus Dur. Ribuan share dan like love tersemat di bawah unggahan tersebut.

Foto-foto Presiden Joko Widodo dengan almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ditemukan dan diunggah oleh sebuah akun Facebook bernama Blontank Poer. Penemuan foto ini sontak ditanggapi ramai oleh warganet, Selasa, 30 April 2019 malam.

Dalam unggahannya, terdapat empat foto Jokowi dan Gus Dur. Masing-masing adalah foto Gus Dur dan Jokowi duduk bersisian, Jokowi di sebelah kanan, Gus Dur di sebelah kiri. Foto lainnya, Gus Dur tengah memegang mikrofon dan Jokowi tampak memandang ke arah Gus Dur.

"Angle fotonya bagus. Mimik Jokowi "raduwe dosa". Mimik Gus Dus sebagaimana umumnya, datar. Dari puluhan foto serupa, mungkin, hanya beberapa yang diunggah oleh fotografernya (Blontank Poer) untuk disesuaikan dengan situasi batin rakyat Indonesia saat ini," demikian komentar sebuah akun Facebook Khalilul Rohman.

Berikutnya foto Gus Dur memegang mikrofon, sementara Jokowi menyimak dengan serius. Dan yang paling menarik adalah foto Jokowi mencium tangan Gus Dur. Pada foto tersebut tampak keduanya menghadiri sebuah acara, telihat dari banyaknya orang yang juga tampak pada foto-foto tersebut.

Blontank Poer (Gus Blontank) sendiri pada unggahannya menuliskan, "Tak sengaja bersih-bersih CD koleksi foto lama, nemu adegan Pak Jokowi mencium tangan Gus Dur," tulis Blontank Poer

Selanjutnya Gus Blontank menyebut peristiwa itu terjadi di Kraton Surakarta. Menurut catatan digital di kamera Canon EOS D30 diambil pada 8 Januari 2006. "Berarti, itu baru beberapa bulan Pak @jokowi menjabat Walikota Surakarta," tulis Blontank.

Keaslian foto tersebut juga ditunjukkan dengan unggahan data kamera yang digunakan untuk mengambil foto. Dari penanda waktu foto diambil 8 Januari 2006 pukul 12:20. Foto berdimensi 2160x1440. 

Gus Blontank menyebutkan dari foto-foto itu sudah terlihat jejak kesantrian Jokowi. Tak hanya bisa disimak dari adegan cium tangan, tapi juga bahasa tubuhnya ketika duduk bersebelahan dengan orang besar bernama KH Abdurrahman Wahid.

"Semoga Pak Jokowi bisa mewujudkan cita-cita besar Gus Dur yang belum kesampaian, memeratakan keadilan, memajukan kemanusiaan, memoersatukan Indonesia dan memupuk persaudaraan tanpa memandang latar belakang atau atribut kesukuan, agama dan sebagainya. amin," tulis Gus Blontank lagi.

Tak lupa Gus Blontank menuliskan "Al Fatihah untuk Gus Dur."

Saat berita ini diturunkan, atau sekitar satu jam setelah unggahan foto tersebut, telah ditanggapi oleh lebih dari dua ribu pengguna facebook, 385 komentar, dan dibagikan lebih dari 1300 kali.

"Pengobat Kangen Pada Guru Bangsa. Almagfurllah Romo KH Abdurrahman Wahid ( Gus Dur ) Al Fatihah. Dua Presiden RI Yang Dicintai Rakyatnya. Dokumentasi Oleh Ky. Blontank Poer," tulis akun Facebook M Ubaidillah.

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini