Viral Donasi Nikah Ratusan Juta di Kitabisa

10 Nov 2019 00:10 Human Interest

Kitabisa adalah salah satu crowdfunding yang sering menggalang dana untuk berbagai macam hal. Netizen membicarakan donasi untuk pernikahan yang mencapai jutaan rupiah, yang digalang melalui Kitabisa.

Penggalangan dana tersebut menuai pro dan kontra dari publik Twitter. Banyak yang berpendapat penggalangan dana tersebut tidaklah tepat. Tapi ada yang tak mempermasalahkan karena pada akhirnya kembali pada donatur sendiri, mereka mau menyumbangkan dananya atau tidak.

"Yaudah kan mereka gak maksa lo buat ngasih donasi juga kan."

"Gimana nih @kitabisacom ada hal2 kayak bgini lg?" tulis yang lain.

"Walau ada yang bercanda (dan itu unacceptable) but what if these Kitabisa pages asking to help fund marriages are actually critics towards how society expects marriages to be glamour, extravagant & so on? Gimana juga kan nikah di Indonesia sebenarnya murah, gengsinya aja mahal."

Bos Kitabisa memberikan tanggapannya soal pendanaan yang digelar di platform mereka.

"Kami sangat apresiasi respon dari publik yang ikut melaporkan beberapa penggalangan dana yang ada di Kitabisa. Bagi kami feedback ini bukti kepedulian publik terhadap tolong menolong melalui sistem crowdfunding," tulis Alfatih Timur, CEO Kitabisa.com.

"Secara umum Kitabisa memfasilitasi beragam penggalangan dana yang tidak melanggar hukum, memenuhi kaidah serta tidak melanggar aturan dari community guideline Kitabisa," lanjutnya.

Beberapa yang dilarang berdasarkan community guideline di antaranya adalah penggalangan dana yang bersifat hoaks, fiktif, politik praktis, rasisme, dan juga yang bersifat main-main atau bercandaan.

Setiap hari tim Kitabisa pun disebutnya melakukan pengecekan terhadap penggalangan dana yang masuk dan menutup penggalangan dana yang tidak sesuai dengan community guideline Kitabisa.

"Kami juga melakukan verifikasi berlapis mulai dari identitas penggalang dana (foto KTP dan selfie dengan KTP), tujuan galang dana, hingga nomer rekening yang digunakan untuk pencairan. Dari waktu ke waktu, kami juga bekerjasama dengan lembaga/NGO resmi untuk turut mengawasi agar dana yang dicairkan tepat guna," ujarnya.

"Kami mengajak publik untuk terus berpartisipasi bila menemukan galang dana yang mencurigakan dengan menggunakan fitur "Laporkan" yang ada di bagian bawah deskripsi setiap halaman galang dana. Misi Kitabisa untuk menghubungkan #orangbaik dan tugas Kitabisa untuk menjaga kepercayaan donatur dan memastikan dana sampai ke pihak yang tepat," pungkasnya.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini