Maverick Vinales kembali mencatatkan waktu tercepat di FP3, Sabtu 26 Oktober 2019 pagi ini. (Foto: Twitter/@mvkofficial12)
Maverick Vinales kembali mencatatkan waktu tercepat di FP3, Sabtu 26 Oktober 2019 pagi ini. (Foto: Twitter/@mvkofficial12)
MotoGP Australia 2019

Vinales Tercepat Lagi di FP3

Ngopibareng.id MotoGP 26 October 2019 08:30 WIB

Setelah menjadi yang tercepat pada dua sesi latihan bebas (FP1) dan (FP2) MotoGP Australia yang berlangsung pada Jumat 25 Oktober 2019, Maverick Vinales kembali menjadi yang tercepat di FP3, Sabtu 26 Oktober 2019. Ia mengalahkan catatan waktu Marc Marquez yang berada di posisi kedua.

Di posisi ketiga ditempati Pol Espargaro, kemudian ada Johann Zarco dan Jack Miller di urutan keempat dan kelima. Sementara Fabio Quartararo di tempat keenam, diikuti Mika Kallio, Alex Rins, Franco Morbidelli, Francesco Bagnaia, Karel Abharam, dan Cal Crutchlow.

Sesi latihan bebas ini sempat tertunda karena ada angin kencang dan guyuran hujan deras yang membasahi lintasan Philip Island. Selama 45 menit para rider tetap berada di pit karena hanya 12 pembalap yang menetapkan waktu putaran.

Sesi ini juga sempat terhenti ketika papan pit Miller tertiup angina dan jatuh ke tengah trek.

Quartararo kembali beraksi setelah kehilangan FP2 akibat cedera pergelangan kaki usai menjalani FP1 dalam kondisi trek basah.

Dengan selesainya F3 ini, tercatat ada 10 pembalap yang berhak tampil di sesi kualifikasi kedua (Q2) dan kualifikasi terakhir sore ini. Kesepuluh pembalap ini merupakan rider dengan catatan waktu gabungan terbaik dari seluruh latihan bebas, dengan Quartararo menjadi satu-satunya pembalap yang tak tampil di FP2. 

Sementara itu, Zarco akan kembali ke MotoGP akhir pekan ini untuk LCR Honda, menggantikan Nakagami yang menjalani operasi bahu. Pembalap Prancis itu akan mengendarai RCV 2018 dalam tiga balapan terakhir musim ini.

Jalannya kualifikasi kedua dan ketiga nanti bisa dipastikan bakal lebih sengit. Pasalnya, Marc Marquez yang sempat tercecer di posisi ketiga di FP1 dan keenam di FP3 kini semakin mendekat. 

Meski tak lagi membawa pengaruh bagi Marquez yang sudah menjuarai MotoGP 2019 di Sirkuit Buriram, Thailand, Marquez tampaknya tak ingin kehilangan podium pertama di balapan kali ini. 

Marquez sendiri diyakini bakal sulit dibending untuk meraih pole position di akhir kualifikasi ketiga. Ini akan menjadi tantangan besar bagi Vinales untuk menghentikan pembalap Spanyol yang tampil superior di sepanjang musim ini.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Feb 2021 21:29 WIB

Repsol Honda Rilis Motor dan Duet Marquez dan Espargaro

MotoGP

Repsol Honda Rilis duet Marquez dan Espargaro.

21 Feb 2021 15:31 WIB

Taka Nakagami Santai Meski Bradl Lebih Dulu Jajal Motor Baru

MotoGP

Ia lebih berpikir apa yang dilakukan Bradl untuk kebaikan Honda.

08 Feb 2021 21:30 WIB

Soal Marquez, Rossi Heran dengan Keputusan Dokter MotoGP

MotoGP

Rossi pertanyakan keputusan dokter MotoGP dan Dorna soal cedera Matquez.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...